Macam-Macam New Trend Slow Design

New Trend Slow Design

New Trend Slow Design

New Trend Slow Design. Tren adalah gaya mutakhir atau arah kemana pasar akan "bergerak", Kecenderungan "gerak" pasar, terutama dalam industri kreatif dipengaruhi oleh banyak aspek diantaranya aspek perkembangan teknologi, aspek pergeseran gaya hidup, dan aspek budaya masyarakat.
Berbagai informasi mutakhir mengenai tren tentu saja diperlukan agar memperoleh hasil maksimal. Salah satu isu yang mulai mengemuka dan diprediksi akan berkembang beberapa tahun mendatang adalah slow design. Menurut Achmad Kafin Noe'man dari biro konsultan BD + A yang ahli di bidang trend forecasting, perubahan ke arah sesuatu yang slow tidak hanya hadir di ranah desain. tetapi juga di ranah lain seperti slow food dan slow fashion. Sebagaimana kita ketahui, teknologi telah berkembang pesat serta menghasilkan produk secara instan, presisi dan mudah. Namun di lain pihak, penggunaan mesin dan internet tersebut, kadang-kadang menghilangkan esensi dari proses pembuatan (process making) sebuah produk sehingga cara pabrikasi ini menghilangkan "jiwa" dari produk itu sendiri. Ada sekelompok masyarakat yang bereaksi terhadap fenomena ini dan mengubah cara pandang mereka. Mereka merasa bosan dengan produk cepat saji serta lebih memilih yang alami dan diolah dengan cara apa adanya sehingga menjadi sebuah "kemewahan baru". Inilah persepsi slow design meyakini bahwa segala sesuatu hendaknya dilakukan dengan proses dan kecepatan yang tepat.
Trend Slow Design

Pekerjaan Tangan VS Pabrikasi
Dalam konteks ranah desain, slow design identik dengan desain yang dihasilkan melalui proses kerajinan tangan (handmade) oleh para perajin yang menguasai teknik-teknik tradisional. Biasanya, proses pembuatan produk dengan teknik lokal ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Contohnya, dekorasi dengan memahat permukaan batu alam atau mengukir kayu dan mewarnai kain dengan pewarna alami. Masyarakat juga menyadari bahwa "kecantikan asli" terdapat pada kepiawaian tangan perajin dalam memadukan material dengan teknik tradsional dalam membuat sebuah produk. Di ranah arsitektur, terdapat istilah slow architecture. Slow architecture adalah arsitektur yang dibuat secara bertahap dan organik serta di padukan dengan pendekatan ekologi dan lingkungan yang berkelanjutan (sustainable). Kondisi lahan dan lanskap eksisting serta material yang terdapat di lokasi pembangunan sekitarnya dimasukkan dalam konsep desain.
Misalnya, arsitek mengeksplorasi material yang banyak tumbuh di sekeliling lahan, seperti bumbu serta memberdayakan perajin dari kampung-kampung di sekitarnya daripada memaksakan penggunaan baja impor atau menebang pohon di hutan lindung.
Proses slow desin ini sebetulnya sudah dikuasai oleh para perajin Indonesia dan perajin negara lain di Asia yang terkenal memiliki croftsmanship tinggi. Di sisi lain, faktanya, bahwa pasar yang potensial dan terbesar saat ini terdapat di Asia dan hampir semua merek-merek internasional berupaya keras untuk memasarkan produknya di Asia. Oleh karena itu, tidak heran apabila produsen merek luar negeri berupaya untuk mengambil inspirasi dari Asia diantaranya dengan menerapkan elemen khas slow design, seperti anyaman ke dalam desain produknya. Dapat dikatakan bahwa slow design akan menjadi tren global di masa mendatang dan perubahan ini hendaknya dipandang sebagai peluang yang baik bagi insan kreatif di Indonesia.

Daftar Isi

Animation

  1. Desain Grafis, Animasi,  Pengertian Desain Grafis, Program Desain Grafis, Guna Desain Grafis
  2. 10 Aksi Gagal Yang Dikemas dalam Animasi
  3. Kumpulan Animasi Yang Berhubungan Dengan Kucing
  4. Kumpulan Animasi Burung Lucu dan Menggemaskan
  5. Sekilas Tentang Cara Pembuatan Animasi
  6. Animasi Menghibur,  Animasi Lucu, Animasi Gokil
  7. Animasi Monyet Lucu dan Gokil, Monyet-Monyet Lucu
  8. Kumpulan Animasi Gokil, Animasi Lucu Banget, Animasi Goyang
  9. Animasi Lucu yang Bikin Ketawa Sendiri
  10. Kedip Kedip Mata Kucing
  11. Animasi Penghibur Lagi Bengong
  12. Animasi Kelap Kelip Kota Jakarta
  13. Animasi Panda Main Kuda Lumping
  14. Animasi Jingkrak
  15. Wajah-Wajah Cantik Dari Bollywood
3D StudioMax
  1. Belajar Mengenal 3D Studio MAX 
  2. Tutorial 3D Studio MAX Mengenal Menu
  3. Cara Instal Program 3D Studio MAX 7
  4. Tutorial 3DS MAX Mengenal Objek 3D Primitive
  5. Membuat Objek 3D dengan Terukur
  6. Membuat Objek 3D dengan Menu Toolbar
  7. Tutorial 3D Studio Max Mengenal Menu Quad
  8. Tutorial 3D Studio MAX Objek 2D Shape
  9. Tutorial 3D Studio MAX Membuat Model 3D
  10. Tutorial 3D Studio Max Transformasi Objek
  11. Tutorial 3D Studio MAX tentang Lampu/Lights
  12. Tutorial 3D Studio MAX tentang Melihat cahaya lampu Spot
  13. Mengatur Warna Cahaya Lampu Spot
  14. Cara Penggunaan Menu Lathe, Extrude, FFD Box, FFD 4X4X4
  15. Tutorial 3D Max 2010 Tentang Video Post
  16. Tutorial 3D Studio Max, Objek Geometry, Modifikasi Objek Shape
  17. Tutorial 3DS Max Memilih Objek, Dasar-Dasar Memilih Objek
  18. 3D Studio MAX Main Toolbar, Tab Panel, Panel Command
  19. Tutorial 3D Max Studio, Target Camera, Free Camera
Denah