Tutorial 3D Studio MAX tentang Lampu/Lights
Suatu objek dapat dilihat jika disekitar objek terdapat cahaya. Secara umum sumber cahaya terdiri dari matahari dan lampu. Sebelum Anda memberi lampu pada objek yang berada dalam area kerja, 3D MAX telah mengaktifkan lampu agar objek yang dibuat dalam viewport dapat terlihat.
Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, terkadang kita perlu menempatkan titik lampu pada tempat tertentu, dengan jenis lampu yang mempunyai efek khusus.
3D MAX menyediakan beberapa jenis lampu, seperti lampu sorot/spot, Omni dan Direct.
Lampu Sorot
Lampu sorot atau spot light adalah lampu yang bersinar dari suatu titik dan semakin jauh dari titik pusatnya semakin membesar.
Target Spot
Untuk belajar mengenai lampu, Anda perlu membuat sebuah objek seperti pada gambar berikut ini agar pengaruh lampu dapat terlihat dengan jelas.
1. Pada Command panel, klik Create > Lights.
2. Klik tombol Target Spot.
3. Pada viewport Front, klik lalu tarik ke bawah hingga tampak seperti Gambar
4. Klik ganda untuk mengakhiri perintah Target Spot.
5. Pada rollout Spotlights Parameter, tentukan nilai Hotspot dan Fallof untuk membesarkan atau mengecilkan area yang disinari. Lihat Gambar
Memposisikan lampu spot
1. Pada main toolbar, klik tombol Select and Move.
2. Pada viewport Front, klik objek lampu Spot, posisikan mouse di atas sumbu Y.
3. Ketika kursor berubah bentuk, tarik ke bawah untuk memposisikan lampu Spot.
Memposisikan target spot
1. Pastikan tombol Select and Move dalam keadaan aktif.
2. Pada viewport Front, klik objek target spot, posisikan mouse di atas sumbu Y.
3. Ketika kursor berubah bentuk, tarik ke bawah untuk memposisikan target spot.