Tutorial 3D Studio MAX Objek 2D Shape.
Objek 2D Shape adalah objek yang tidak memiliki ketebalan. Termasuk dalam kelompok ini adalah objek garis, teks, dan bidang yang menyerupai lembaran.
Mengenal Garis
Membuat Garis
1 | Pada Commad panel, klik Create > Shapes > Splines. |
2 | Klik tombol line. |
3 | Pada viewport Front, klik 1 (jangan tahan tombol mouse), kemudian klik 2 dan 3, klik+drag 4 dan 5, klik 6 dan untuk lebih jelasnya tentang titik 1 hingga 7. |
4 | Klik kanan dua kali untuk mengakhiri dan mematikan tombol Line |
Menambah Garis
1. | Pada panel Command, klik Modify. |
2. | Pada rollout Selection, aktifkan Show Vertex Numbers. |
3. | Pada rollout Geometry, klik tombol Create Line. |
4. | Posisikan mouse pada Vertek 7, lalu klik untuk menyambung garis. |
5. | Buat garis hingga tampak seperti ilustrasi berikut ini. |
1. | Pada rollout Geometry, cari tombol Fillet. |
2. | Klik Vertek 2 untuk memilihnya. |
3. | Pada kotak masukan Fillet, ketik suatu nilai hingga sudut pada Vertek 2 menjadi seperti ilustrasi berikut ii. Perhatikan jumlah vertek bertambah 1 buah. |
Memindahkan Vertek
1. | Klik tombol Select and Move. |
2. | Klik Vertek 1, lalu tarik untuk memposisikannya. Lihat gambar berikut. |
Bezier
1. | Klik Vertek 6. |
2. | Pastikan restriksi XY dalam keadaan aktif, tarik bezier handle hingga tampak seperti gambar berikut |
Membuat Garis Terukur
1. | Pada menu File, pilih New untuk membuka file baru. |
2. | Pada panel Command, klik Create > Shapes > Splines. |
3. | Klik tombol Line |
4. | Pada rollout Keyboard Entry, klik tombol Add Point untuk menempatkan titik pertama pada koordinat 0,0,0. |
5. | Tentukan Y = 40, dan tekan Add Point. |
6. | Tentukan X = 20, dan tekan Add Point. |
7. | Lanjutkan hingga garis tampak seperti Gambar |
8. | Klik tombol Finish untuk mengakhiri pembuatan garis. |
Membuat model 3D
Melanjutkan latihan sebelumnya, pastikan objek garis dalam keadaan terpilih.