Ragam Desain Rumah Bertingkat di Kaveling Hook

Desain Grafis dan Percetakan
Kaveling hook juga sering disebut sebagai lahan dua muka atau lahan sudut karena terletak di lahan yang menyudut. Lahan seperti ini memiliki keistimewaan dengan dua sisi terbuka yang memungkinkan pengolahan dua bagian fasad. Potensi estetika tersebut sejalan dengan dengan akses unsur alam yakni penghawaan dan pencahayaan alami yang lebih optimal.

Posisi bangunan yang berada pada kaveling hook berpotensi untuk tempil menonjol karena danya dua wajah bangunan yang dapat ditampilkan. Selain itu, ruang-ruang terbuka pada dua sisi dapat digunakan sebagai orientasi penataan ruang di dalam bangunan.

Pembagian akses untuk area servis dan pintu masuk utamapun dapat lebih mudah dilakukan. Pintu utama dapat ditempatkan pada bagian depan bangunan yang lebih menonjol, sementara akses servis bisa ditempatkan pada sisi yang lain. Hal tertentu untuk memberikan privasi aktivitas pada fungsi-fungsi yang berbeda tersebut sehingga tidak saling mengganggu.

Dengan kejelian dalam mengoptimalkan potensi yang ada, rumah yang berada pada kaveling hook ini dapat terlihat estetis dan ramah lingkungan. Hal tersebut bermanfaat bukan saja bagi pemilik rumah, tetapi juga bagi lingkungan sekitarnya.

Ragam Desain Rumah Bertingkat di Kaveling Hook

Estetika Dalam Nuansa Kekuhan

Estetika Dalam Nuansa Kekuhan

Hunian yang berada di lahan menyudut ini terlihai dinamis dengan permaman bidang kotak geometris. Nuansa bangunan (ampak masif sehingga berkesan kukuh. Kombinasi bidang-bidang masif secara horizontal maupun vertikal dipadukan dengan unsur transparan pada bukaan dan elemen garis. Kombnas ini menghadirkan esielika pada sebuah bangunan hunian modern yang berkesan megah dan atraklif. Kesan kukuh yang dihadirkar oleh penggunaan bidang-ftdang masif dmetralisir cieh elemen transparan berupa kaca serta kesan lembut pecmanan garis dan maierial kayu pada beberapa bagian fasad

Penataan massa bangunan d upayakan untuk memak-simalkan keberadaan ruang terbuka dari tiga sisi lahan. Oleh karena itu, bangunan dibuat menempel pada salah satu bidang lahan saja. Ruang terbuka di bagian belakang didesain memiliki privasi yang cukup besar dengan akses terbatas dan luar. Hal ini sejalan dengan konsep tata ruang yang menempatkan taman tersebut sebagai bagian dari area rekreatif yang bersebelahan langsung dengan ruang-ruang bersama, yakni ruang keluarga, ruang makan, dan pantry.

Banyaknya kebutuhan ruang direspon secara vertikal sehingga luas area terbuka tetap besar Ruang servis, yakni dapur, ruang makan, dan kamar tidur pelayan, diletakkan di lantai satu. Di lantai satu, ditempatkan ruang-ruang bersama dan dua kamar tidur lantai dua dibuat dua buah void dengan ukuran yang cukup besar lantai ini terdapat dua buah ruang tidur, ruang duduk, ruang kerja, serta balkon yang digunakan sebagai tempat hewan peliharaan. Sementara itu, di lantai atap terdapat sebuah ruang studio multifungsi yang bisa digunakan pula sebagai ruang doa.

Denah Rumah Estetika Dalam Nuansa Kekuhan

Rumah Minimalis Yang Efisien dan Nyaman


Rumah Minimalis Yang Efisien dan Nyaman

Bangunan yang berada pada lahan seluas 149,5 m2 ini menekankan efisiensi dalam penataan ruang-ruang di dalamnya, tetapi tetap mempertimbangkan aspek kenyamanan. Meskipun memiliki luasan lahan yang retatif terbatas, setiap ruang dilata berorientasi ke arah iuar sehingga memiliki akses langsung pada penghawaan dan pencahayaan alami. Hal tersebut dimungkinkan dengan adanya dua ruang terbuka pada bangunan ini

Di lantai satu, ruang-ruang bersama, yakni ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan, dibuat tanpa sekai untuk menyiasati ruang agar i;dak terkesan sempil Kesan luas berusaha diperkuat dengan penggunaan bukaan serta bidang iransparan yang cukup luas ke arah ruang-ruang terbuka Kamar ndur utama dan dapur ditempatkan di anlara ruang-ruang bersama yang menjadi area transisi Efisiensi penggunaan ruang diterapkan dalam penggunaan ruang di bawah tangga sebagai kamar mandi. Sementara itu, d> lantai dua ditempatkan dua ruang tidur dengan satu ruang bersama yang memiliki balkon tersendiri serta akses menuju ruang lemur.

Fasad bangunan terlihat elegan bernuansa minimalis yang diperkaya dengan aksen warna dan permainan bidang. Warna merah yang terlihat kontras dengan warna bangunan yang didominasi skema warna monokrom memberikan atmosfer keceriaan pada bangunan ini. Permainan garis verlikal dan horizontal pada bidang dengan warna lebih gelap berhasil menciplakan proporsi visual yang lebih dinamis pada fasad bangunan bergaya minimalis ini.

Denah Rumah Minimalis Yang Efisien  & Nyaman

Ekplorasi Ruang di Lahan Memanjang


Ekplorasi Ruang Di Lahan Memanjang
Rumah mi berada d alas lahan memanjang dengan luas sekjtar 560 m2 Dalam penataan denahnya, langkah awal yang dilakukan adalah menempatkan dua akses ulama di bagian barat dan timur lahan. Ha! tersebut untuk menghmdarkan kesan salah satu sisi sebagai bagian belakang bangunan sehingga kedua sisi bangunan dapa! atamp:'kan sama menariknya

Akses utama ditempalkan di bagian Iimur. Pintu masuk ini juga bisa digunakan untuk menerima lamu. Hal tersebut aiperkua! dengan desain karakter area entrance yang lebih berskala personal. Karakter entrance pada bagian ini dapat dirasakan memberi keteduhan dan perlindungan me’.alui penggunaan atap datar yang memanjang. Begitu memasuki pintu masuk ini, ruang yang pertama kali dilewati adalah ruang keluarga yang bisa digunakan untuk menerima tamu Setelah itu, akses selanjutnya adalah menuju ruang t:dur utama.

Di bagian barat, fungsi entrance lebih dorientasikan bagi fungsi seivis di sini ruang dapur ditempatkan di bagian paling depan sisi bangunan yang diikuti ruang makan. Sementara lantai dua digunakan uniuk keiompok kamar tidur yang diikat deh sebuah ruang bersama dan ruang fitness Area servis yakm gudang dan ruang |emur, ditempatkan d lanta dua agar iidak mengganggu aktivitas lainnya.

Ruang-ruang terbuka yang bersifat mikro ditempatkan d berbagai sudut untuk menciptakan kenyamanan termal dan pencahayaan alami karena setiap ruangan dapat berbatasan Jangsung dengan ruang terbuka Sementara itu, tamp: Ian bangunan dirancang menank secara visual dan tidak membosankan Tampilan monoton yang senng dijumpai pada bangunan memanjang dihindarkan melalui permainan maju-mundur dan penggunaan elemen garis pada bidang masif, serta memadukannya dengan elemen transparan pada bukaan.

Denah Ekplorasi Ruang di Lahan Memanjang
 Tutorial 3D Studio MAX Main Toolbar, Tab Panel, Panel Command

0 Response to " Ragam Desain Rumah Bertingkat di Kaveling Hook "

TotalPing | Google Ping | Ping Blog Search | Add Url | Google Master | Bing Master | Site Value | Seo Jerman | TotalPing