Desain Rumah Tingkat Minimalis, Elegan serta Nyaman Sebagai Hunian

Desain Grafis dan Percetakan
Gambar Rumah Minimalis

Tatanan Rumah Minimalis Yang Elegan

Berada pada lahan berukuran 10 m x 20 m, rumah ini dirancang dengan konsep fasad yang elegan. Kesan ini dihadirkan dengan mengeksploitasi unsur proporsi yang terbentuk dari ketinggian bangunan, bentuk atap, pengolahan elemen bidang, penetapan karakter material, dan dominasi warna yang cenderung monokrom.

Agar berkesan elegan, diterapkan karakter desain dengan tatanan teratur pada pengolahan fasad. Area balkon sebagai pembentuk karakter fasad yang dominan dibuat dengan konsep terbuka dan berkesan ringan. Sebuah segmen bidang yang dilapisi finishing batu tempel menjadi aksen utama, fada fasad batu tempel menjadi aksen utama pada fasad bangunan. Elemen garis diterapkan pula untuk menambah dinamis tampilan bangunan.

Untuk menghadirkan suasana ruang luar ke dalam bangunan, tiga area terbuka berupa taman dihadirkan pada hunian ini. Sementara itu, pembagian ruang ditata dengan konsep yang mengalir. Hal ini didukung oleh kontinuitas visual yang dimulai dari ruang tamu yang berada pada bagian depan, ruang keluarga, ruang makan, hingga taman di bagian belakang.

Setiap ruangan dirancang agar diperoleh akses visual secara langsung menuju area luar sehingga pencahayaan alami bisa menyebar ke berbagai sudut rumah. Konsep void yang berada di atas ruang keluarga mampu menghadirkan suasana ruangan yang lebih lega pada lantai dasar bangunan ini.

Denah Lantai 1 dan 2

Denah Rumah Minimalis
Denah Rumah Minimalis

Eye Catching Dengan Aksen Bidang Miring

Eye Catching Dengan Aksen Bidang Miring

Tampilan bangunan yang berada di lahan seluas 18 m x 28 m ini merupakan kombinasi volume bentuk boks. Dari segi pendekatan bentuk, secara umum massa bangunan terdiri dari sebuah volume utama berbentuk boks yang mengalami penambahan dan pengurangan. Hasilnya, fasad bangunan terlihat modern dan elegan. Hal ini diperkuat dengan penggunaan material berkarakter modern, seperti kaca dan beton.

Pada salah satu bagian fasad, yakni area balkom kamar tidur di lantai dua, bidang dinding dibuat miring dengan warna merah yang aksentuatif. Hal tersebut berhasil menciptakan aksen fasad yang eye catching pada bangunan ini.

Melalui layout ruang yang ditata secara optimal, serta sirkulasi yang mengalir, hunian ini dapat menampung lima ruang tidur serta sebuah ruang kerja. Untuk zoning ruang, diterapkan pembagian vertikal. Area fungsi servis seperti dapur, area cuci, kamar pembantu, dan gudang, ditempatkan di lantai satu berupa semi basement. Sementara itu, fungsi utama rumah ditempatkan di lantai dua.

Tiga area terbuka ditempatkan pada bagian depan, dalam dan belakang bangunan. Penggunaan bukaan jendela dibuat dominan untuk menampilkan secara langsung keindahan lansekap taman. Deretan jendela kaca transparan di ruang tidur utama, ruang keluarga, ruang makan, serta ruang duduk lantai teratas memberi keleluasaan visual untuk menikmati sejuknya taman bersama yang terletak di depan sebuah hunian yang nyaman sebagai tempat tinggal.
Eye Catching Dengan Aksen Bidang Miring
Denah Rumah Eye Catching Dengan Aksen Bidang Miring
Denah Rumah

Fasad Bernuansa Jepang Modern

Fasad Bernuansa Jepang Modern

Hunian yang berada pada lahan berukuran 14 m x 23 m ini tampil elegan dengan fasad yang menghadirkan karakter rumah Jepang yang simpel serta cenderung minimalis. Penggunaan warna-warna yang terkesan natural, permainan garis-garis lurus, kesederhanaan bentuk, dan penataan ruang dalam yang transparan terhadap alam merupakan beberapa konsep yang diterapkan pada hunian ini.

Visualisasi bentuk-bentuk geometri murni berupa persegi yang tercipta dari permainan garis-garis lurus secara vertikal dan horizontal menjadi karakter dominan yang membuat rumah ini tampil dengan gaya Jepang yang khas. Untuk memperkaya tampilan, unsur tekstur diterapkan melalui penggunaan bidang bertekstur kasar dan bewarna gelap di atas area entrance utama rumah ini.

Selain berdasarkan pemisahan fungsi per lantai, penempatan ruang juga menggunakan konsep zoning yang mengacu pada perbedaan fungsi antarlantai. Lantai dasar digunakan sebagai ruang-ruang bersama, fungsi servis, serta ruang tidur untuk tamu dan pekerja di rumah ini. Ruang-ruang bersama, yakni ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan, ditempatkan dengan konsep saling terbuka agar rumah terasa luas. Hal ini berbeda dengan ruang-ruang servis yang ditempatkan secara terpisah sehingga memiliki privasi kegiatan masing-masing. Sementara itu, ruang-ruang privat untuk keluarga inti pemilik rumah ditempatkan pada lantai dua.

Denah Rumah Fasad Bernuansa Jepang Modern

Mengoptimalkan Suasana Alam


Potensi alam yang dihadirkan ke dalam rumah, baik dalam bentuk taman yang didominasi unsur vegetasi maupun kolam dengan unsur airnya, merupakan cara yang sering diterapkan untuk meningkatkan kenyamanan di dalam rumah. Hal tersebut diterapkan pada desain rumah ini, antara lain berupa ruang-ruang terbuka secara dominan, serta memasukkan unsur kolam air dengan ukuran cukup signifikan ke dalam interior rumah.

Selain faktor kenyamanan termal dan visual, keberadaan unsur alam berupa air diyakini mampu menghadirkan atmosfer yang lebih menenangkan secara psikis. Kolam air tersebut ditempatkan bersebelahan dengan ruang-ruang bersama, yakni ruang keluarga dan ruang makan. Sementara itu, ruang mushola ditempatkan di tengah-tengah kolam untuk menghadirkan suasana ruang yang lebih mediatif, yang sangat sesuai untuk fungsi sebagai ruang beribadah.

Di Taman belakang, ditempatkan gazebo yang multifungsi, yakni bisa digunakan untuk bersantai, membaca, atau bersantap dengan suasana outdoor yang mengasyikkan sambil melihat keindahan vegetasi di taman tersebut. Sementara itu, ruang kerja ditempatkan bersebelahan langsung dengan taman untuk menghadirkan suasana yang inspiratif di ruangan tersebut.

Ruang-ruang diletakkan mengikuti zoning yang tegas antara area servis, semipublik, dan privat, sehingga fungsi masing-masing tidak saling menganggu. Di lantai dua, view ke arah luar dioptimalkan di masing-masing kamar tidur melalui bukaan-bukaan yang lebar. Ruang balkon juga digunakan sebagai area untuk menikmati keindahan taman, baik taman depan maupun taman belakang.

Mengoptimalkan Suasana Alam
Denah Rumah Mengoptimalkan Suasana Alam


 Tutorial 3D Studio MAX Main Toolbar, Tab Panel, Panel Command

0 Response to " Desain Rumah Tingkat Minimalis, Elegan serta Nyaman Sebagai Hunian "

TotalPing | Google Ping | Ping Blog Search | Add Url | Google Master | Bing Master | Site Value | Seo Jerman | TotalPing