Membuat Efek Cahaya Lampu Omni

Membuat Efek Cahaya Lampu Omni

Membuat Efek Cahaya Lampu Omni


Setelah memahami materi tentang Mengatur Warna Cahaya Lampu
sekarang kita akan pelajari tentang Lampu Omni.


Lampu Omni

Lampu ini merupakan sumber cahaya yang bersinar ke semua arah.
  1. Klik objek Target direct, tekan Delete untuk menghapusnya.
  2. Pada Command panel, klik Create > Lights.
  3. Klik Tombol Omni
  4. Pada viewport Front, Klik pada posisi seperti diperlihatkan gambar.
  5. Klik kanan dua kali untuk mematikan tombol Omni.
  6. Klik kanan dalam viewport, pilih Move dari menu Quad yang muncul.
  7. Pada vieport Left, posisikan mouse di atas sumbu Y, ketika kursor berubah bentuk geser mouse ke atas.
  8. Pada Panel Command, aktifkan Cast Shadow.
    Lampu Omni

  • Tekan F10, dan aktifkan viewport Perspektive, lalu klik tombol Render.
  •  
  • Klik kanan pada bagian kosong dalam panel Command, pilih Shadow Parameter untuk mengaktifkannya. Lihat gambar berikut
  • Klik kotak warna Colors, pilih warna abu-abu gelap, dan aktifkan Light Affects Shadow Color.
  • Tekan F9 

  • Mengatur Bayangan Lampu
    Mengganti Warna Bayangan

    Jika uraian diatas terlalu singkat anda juga bisa baca pada frame berikut, yang materinya sama. Artikel dengan judul Cahaya dan Material pada 3DS Max hasil karya dari Griya Bagus.

    Donwload Artikel Membuat Efek Cahaya Lampu Omni

    Demikian materi tentang Lampu Omni

    berikutnya simak materi tentang Camera.