Inspirasi Interior Restoran Cita Rasa Vietnam


Desain Interior Restoran

Desimasi. Pendaran cahaya dari lampion-lampion berwarna merah dan kuning seolah-olah menarik perhatian setiap orang yang melintas di depan restoran ini. Dua warna pada lampion tersebut merupakan representasi bendera Vietnam yang menegaskan suasana dan aneka menu makanan yang disajikan.
Restoran yang berlokasi dikawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta ini menyajikan berbagai menu makanan khas Vietnam, khususnya mi (noodle). Suasana warung-warung makan kaki lima di jalanan Kota Hanoi, Vietnam, merupakan inspirasi interior restoran dalam interpretasi desain yang lebih modern.
Dengan demikian, pengunjung dibuat sedang menikmati kuliner khas Vietnam langsung dari negeri asalnya.
Material logam (metal), kayu bekas palet, serta saluran utilitas yang diekspos di langit-langit cukup banyak dijumpai di restoran ini. Aplikasi ketiga material tersebut merupakan upaya dari desainer interior dalam mengusung karakter suasana jalanan yang terkesan kasar, sedikit bising, dan apa adanya. Desainer Interior "membingkai" karakter tersebut dalam penyelesaian interior bergaya modern industrial yang menarik. Sementara itu, ke khasan budaya Vietnam ditampilkan melalui penggunaan lampion, dinding anyaman bambu (gedhek), dan dinding batu bata ekspos.
Sebagai focal point interior restoran, terdapat area noodle bar yang memungkinkan pengunjung dapat melihat secara langsung proses pembuatan dan penyajian makanan di open kitchen yang terdapat di area belakangnya. Posisi noodle secara visual, baik dari pintu masuk restoran maupun dari berbagai sisi di dalam restoran. Adapun area makan (booth and banquette seating) diatur untuk memberi sedikit privasi kepada pengunjung saat menikmati makanan dan minuman yang dipesan.
Desain Interior Restoran
* Lampu gantung di atas meja makan didesain unik dengan aplikasi lampion - lampion berwarna merah dan kuning yang diberi rangka - rangka besi untuk membentuk karakter modern industrial. 
* Penggunaan elemen rangka baja dan pelat zincalum membentuk nuansa industrial pada fasad bangunan. Sementara itu elemen kaca yang dominan berfungsi untuk memaksimalkan pencahayaan alami dan mengekspos tampilan interior.
* Area noodle bar merupakan focal point direstoran ini. Pengunjung dapat duduk di atas bar stool yang disediakan sambil melihat secara langsung proses pembuatan makanan atau minuman.
* Karakter modern industrial terlihat melalui penggunaan material kayu bekas palet dan besi pada furnitur dan treatment elemen interior lainnya. Karakter tersebut juga diperkuat melalui jaringan utilitas yang diekspos di langit-langit ruangan.
* Selain lampion, simbol khas Vietnam juga terlihat melalui penggunaan dinding anyamam bambu (gedhek) dan dinding batu bata ekspos.
* Selain melalui pemilihan material, suasana Vietnam juga "dibangkitkan" melalui lukisan-lukisan sketsa di dinding yang menggambarkan kehidupan di jalanan Kota Hanoi, Vietnam.
* Kursi berbentuk bench kayu panjang terinspirasi dari bentuk kursi di warung makan tradisional di Vietnam. Sementara itu, terdapatnya variasi bentuk kursi lainnya bertujuan untuk mengurangi kesan monoton.

Pengelola restoran menerapkan sistem fast moving untuk memastikan banyaknya perputaran atau pergantian pengunjung. Kebutuhan tersebut direspon oleh desainer interior dengan memanfaatkan seating capacity serta menggunakan furnitur yang praktis dan fleksibel tanpa mengurangi kenyamanan pengunjung.
Desain Interior Restoran
Konsep furnitur yang digunakan adalah sederhana, ringan, serta dengan sedikit sentuhan industrial. Hal tersebut dapat terlihat melalui paduan antara elemen rotan, kayu, dan besi pada beberapa meja dan kursi. Penerapan variasi bentuk dan ukuran furnitur ditujukan agar suasana restoran tidak terkesan monoton sehingga pengunjung tidak cepat merasa bosan.
Suasana restoran lebih terasa "hidup" dengan terdapat lampu gantung yang "dibingkai" dengan lampion bergaya modern industrial. Untuk menerangi dinding dan beragam aksesori, desainer interior juga menerapkan indirect lighting dan spot lighting. Cahaya kuning yang terpancar memberikan efek suasana ruang yang nyaman dan "dramatis". Suasana interior restoran ini tampak dari luar bangunan berkat desain fased bangunan yang didominasi kaca. Senada dengan interiornya, desain fased bangunan juga menerapkan konsep modern industrial. Selamat mencoba bersenang-senang di Restoran Vietnam.

Desain Interior Restoran
Beda lagi dengan Restoran Ala India

Daftar Isi

Animation

  1. Desain Grafis, Animasi,  Pengertian Desain Grafis, Program Desain Grafis, Guna Desain Grafis
  2. 10 Aksi Gagal Yang Dikemas dalam Animasi
  3. Kumpulan Animasi Yang Berhubungan Dengan Kucing
  4. Kumpulan Animasi Burung Lucu dan Menggemaskan
  5. Sekilas Tentang Cara Pembuatan Animasi
  6. Animasi Menghibur,  Animasi Lucu, Animasi Gokil
  7. Animasi Monyet Lucu dan Gokil, Monyet-Monyet Lucu
  8. Kumpulan Animasi Gokil, Animasi Lucu Banget, Animasi Goyang
  9. Animasi Lucu yang Bikin Ketawa Sendiri
  10. Kedip Kedip Mata Kucing
  11. Animasi Penghibur Lagi Bengong
  12. Animasi Kelap Kelip Kota Jakarta
  13. Animasi Panda Main Kuda Lumping
  14. Animasi Jingkrak
  15. Wajah-Wajah Cantik Dari Bollywood
3D StudioMax
  1. Belajar Mengenal 3D Studio MAX 
  2. Tutorial 3D Studio MAX Mengenal Menu
  3. Cara Instal Program 3D Studio MAX 7
  4. Tutorial 3DS MAX Mengenal Objek 3D Primitive
  5. Membuat Objek 3D dengan Terukur
  6. Membuat Objek 3D dengan Menu Toolbar
  7. Tutorial 3D Studio Max Mengenal Menu Quad
  8. Tutorial 3D Studio MAX Objek 2D Shape
  9. Tutorial 3D Studio MAX Membuat Model 3D
  10. Tutorial 3D Studio Max Transformasi Objek
  11. Tutorial 3D Studio MAX tentang Lampu/Lights
  12. Tutorial 3D Studio MAX tentang Melihat cahaya lampu Spot
  13. Mengatur Warna Cahaya Lampu Spot
  14. Cara Penggunaan Menu Lathe, Extrude, FFD Box, FFD 4X4X4
  15. Tutorial 3D Max 2010 Tentang Video Post
  16. Tutorial 3D Studio Max, Objek Geometry, Modifikasi Objek Shape
  17. Tutorial 3DS Max Memilih Objek, Dasar-Dasar Memilih Objek
  18. 3D Studio MAX Main Toolbar, Tab Panel, Panel Command
  19. Tutorial 3D Max Studio, Target Camera, Free Camera
Denah