Modifikasi Foto Dengan PhotoShop Tampak Terbakar

Tutorial kali ini adalah menambahkan efek photoshop terbakar api pada pengendara sepeda motor menggunakan teknik komposit sederhana yaitu menggabungkan foto api dengan foto utama. Caranya mudah hanya dengan menggunakan perintah File>Place foto api ke foto utama. Selanjutnya ukuran dan posisinya diatur menggunakan perintah Free Transform. Agar foto api bisa terlihat menyatu, digunakan blend mode Lighten untuk api. Dan agar lebih mudah dalam mengatur efek api ini perlu disiapkan foto-foto variasi bentuk kobaran api dan foto-foto variasi bentuk asap. Langkah terakhir adalah memberikan efek uap panas di sekitar kobaran api menggunakan Filter Glass. Jika ada bagian-bagian tertentu dari api atau asap yang tidak kita inginkan, kita bisa merapihkannya menggunakan Brush Tool. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
Editan dengan Photoshop
Track Motor Dalam Api


1. Siapkan foto-foto yang diperlukan.
Kali ini akan menggunakan foto pengendara motor sebagai foto utama, foto-foto api dari hutan yang kebakaran. Buat anda silahkah cari di Om Google Foto yang di sukai.

2. Buka foto yang akan diberikan efek photoshop terbakar api.
Piih menu File> Open atau menggunakan shortcut keyboard Ctrl+O, akan terbuka kotak dialog Open. Pilih file foto utama anda kemudian klik tombol Open.


3. Buka file api kemudian tempatkan pada gambar dan Ubah blend modenya Menjadi Lighten.
Pilih menu File>Place jangan lupa klik dulu file utama. Pada kotak dialog Place silahkan pilih foto api yang akan anda tambahkan kemudian klik tombol Place. Foto api akan ditambahkan diatas foto utama. Pada foto api terlihat kotak Free Transform mengelilingi sebagai tanda bahwa kita bisa mengubah ukuran dan mengatur posisinya pada foto utama. Tekan tombol Enter untuk menghilangkan kotak Free Transform. Berikutnya ubah blend modenya menjadi Lighten.

4. Atur posisi dan ukuran api pada foto utama.
Gunakan perintah Free Transform untuk mengubah ukuran dan posisi api pada foto utama. Tekan tombol shortcut keyboard Ctrl+T. Untuk mengubah ukuran api, klik sudut kotak Free Transform kemudian drag ke luar atau ke dalam. Klik mouse sambil menekan tombol Shift jika ingin menjaga rasio gambar. Tekan tombol panah untuk mengatur posisi api pada foto utama. Atur opacitynya jika efek api dirasa terlalu kuat. Saya akan mengatur opacity layer api ke nilai 75-90%.

5. Tambahkan api-api lainnya.
Kita bisa menduplikasi layer api yang sudah ada dengan menekan tombol Ctrl+J kemudian ulangi langkah ke-4 untuk mengatur posisi api tersebut pada foto utama. Atau jika anda memiliki banyak variasi foto api lainnya, tambahkan kembali foto api tersebut ke foto utama dengan mengulangi langkah ke-3 dan kemudian atur posisinya dengan mengulangi langkah ke-4.

6. Buka foto asap kemudian tempatkan pada foto utama dan ubah blend modenya Menjadi Lighten.
Langkah berikutnya adalah menambahkan efek asap. Lakukan penambahan foto asap ke foto utama seperti menambahkan foto api. Pilih menu File>Place. Pada kotak dialog Place, pilih foto asap anda kemudian klik tombol Place. Foto asap akan ditempatkan pada foto utama. Tekan tombol Enter untuk menghilangkan kotak Free Transfom. Pilih blend mode Lighten.

7. Atur posisi dan ukuran asap pada foto utama.
Gunakan Free Transform untuk mengubah ukuran dan mengatur posisi asap pada foto utama. Tekan tombol Ctrl+T untuk menggunakan Free Transform dan tekan tombol Ctrl+Enter jika sudah puas dengan hasilnya. Saya akan mengatur opacity layer asap ke 25% agar efek asap tidak terlihat terlalu tebal.

8. Bersihkan efek api dan asap yang tidak diinginkan menggunakan Brush.
Klik icon Brush Tool. Pilih ukuran Brush pada option bar. Atur warna foreground ke warna hitam dengan cara menekan tombol D  keyboard. Kemudian buat masking di masing-masing layer api atau layer asap yang akan kita rapihkan. Untuk membersihkan efek api, klik layer mask layer api, kemudian hapus menggunakan mouse di bagian-bagian api yang tidak kita inginkan. Lakukan hal serupa untuk layer asap.

9. Tambahkan efek photoshop filter glass.
Kita akan menambahkan efek uap panas di sekitar kobaran api. Kita harus mengkonversi layer background ke smart filters. Klik layer background untuk mengaktifkannya kemudian pilih menu Filter>Convert for Smart Filters. Klik tombol OK pada kotak dialog yang muncul. Selanjutnya pilih menu Filter>Filter Gallery. Pada kotak dialog Filter, pilih Distort>Glass. Isikan distortion antara 9 sampai 13, Smoothness 4, Textures Frosted dan Scalling sekitar 50%.

10. Buat efek panas menggunakan brush tool.
Lakukan inversi filter glass yang sudah kita buat. Klik Layer Mask Layer 2 (tadinya layer background). Inversi dengan menekan tombol Ctrl+I atau pilihan menu Image>Adjustment>Invert. Pilih warna abu-abu muda untuk foreground. Kemudian klik Brush Tool. Silahkan klik pada bagian punggung pengendara motor yang terbakar api untuk memberikan efek uap panas.

Setelah memberikan efek uap panas maka selesai sudah efek api photoshop terbakar api yang kita buat. Selamat mencoba!!

Artikel Terkait :  Membuat Foto Sketsa ala PhotoShop

Daftar Isi

Animation

  1. Desain Grafis, Animasi,  Pengertian Desain Grafis, Program Desain Grafis, Guna Desain Grafis
  2. 10 Aksi Gagal Yang Dikemas dalam Animasi
  3. Kumpulan Animasi Yang Berhubungan Dengan Kucing
  4. Kumpulan Animasi Burung Lucu dan Menggemaskan
  5. Sekilas Tentang Cara Pembuatan Animasi
  6. Animasi Menghibur,  Animasi Lucu, Animasi Gokil
  7. Animasi Monyet Lucu dan Gokil, Monyet-Monyet Lucu
  8. Kumpulan Animasi Gokil, Animasi Lucu Banget, Animasi Goyang
  9. Animasi Lucu yang Bikin Ketawa Sendiri
  10. Kedip Kedip Mata Kucing
  11. Animasi Penghibur Lagi Bengong
  12. Animasi Kelap Kelip Kota Jakarta
  13. Animasi Panda Main Kuda Lumping
  14. Animasi Jingkrak
  15. Wajah-Wajah Cantik Dari Bollywood
3D StudioMax
  1. Belajar Mengenal 3D Studio MAX 
  2. Tutorial 3D Studio MAX Mengenal Menu
  3. Cara Instal Program 3D Studio MAX 7
  4. Tutorial 3DS MAX Mengenal Objek 3D Primitive
  5. Membuat Objek 3D dengan Terukur
  6. Membuat Objek 3D dengan Menu Toolbar
  7. Tutorial 3D Studio Max Mengenal Menu Quad
  8. Tutorial 3D Studio MAX Objek 2D Shape
  9. Tutorial 3D Studio MAX Membuat Model 3D
  10. Tutorial 3D Studio Max Transformasi Objek
  11. Tutorial 3D Studio MAX tentang Lampu/Lights
  12. Tutorial 3D Studio MAX tentang Melihat cahaya lampu Spot
  13. Mengatur Warna Cahaya Lampu Spot
  14. Cara Penggunaan Menu Lathe, Extrude, FFD Box, FFD 4X4X4
  15. Tutorial 3D Max 2010 Tentang Video Post
  16. Tutorial 3D Studio Max, Objek Geometry, Modifikasi Objek Shape
  17. Tutorial 3DS Max Memilih Objek, Dasar-Dasar Memilih Objek
  18. 3D Studio MAX Main Toolbar, Tab Panel, Panel Command
  19. Tutorial 3D Max Studio, Target Camera, Free Camera
Denah