Tutorial 3DS Max Memilih Objek, Dasar-Dasar Memilih Objek

Tutorial 3DS Max Memilih Objek

Memilih objek adalah suatu bagian penting untuk dapat mengoperasikan 3DS MAX. Sebelum Anda Memodifikasi sebuah atau beberapa objek, atau bagian dari objek, pertama kali Anda harus memilihnya terlebih dahulu. Ada beberapa cara untuk memilih objek atau bagian dari objek (sub objek).

Dasar-Dasar Memilih Objek

3DS MAX adalah suatu program yang berorientasi pada objek. Setiap objek mempunyai perintah yang dapat Anda lakukan terhadap objek. Perintah yang ada tergantung pada jenis objek.
Perintah untuk memilih objek dapat kita akses dari beberapa tempat, yaitu :
  • Main toolbar
  • Tab Panel
  • Menu Edit
  • Menu Quad (ketika objek dalam keadaan terpilih)
  • Menu Tools
  • Track View
  • Display Panel
  • Schematic View
Tombol yang digunakan untuk memilih 
Berikut ini tombol-tombol yang dapat Anda gunakan untuk memilih objek.

 Tutorial 3DS Max Memilih Objek

Memilih dengan Crossing dan Window
Perintah-perintah berikut digunakan untuk memilih beberapa objek sekaligus

Crossing Selection
Objek yang terpotong oleh garis segiempat akan dipilih.

Window Selection
Hanya objek yang berada dalam garis segiempat yang akan terpilih.

Menu Edit
Pada menu Edit terdapat beberapa perintah yang dapat digunakan untuk memilih objek.

Panel Display
Pada panel Display terdapat pilihan untuk menyembunyikan dan membekukan (freezing) objek. Perintah ini digunakan untuk menyederhanakan tampilan dimana kita sering sulit dalam memilih objek pada viewport yang dipenuhi oleh berbagai objek. Untuk itu kita perlu menyembunyikan atau membekukan objek. Objek yang dibekukan masih dapat dilihat pada viewport, sedang objek yang disembunyikan tidak ditampilan pada viewport.

Cara Memilih Objek
Untuk dapat mengedit atau mentransformasi sesuai objek, langkah pertama yang dilakukan adalah memilih objek yang akan diedit atau ditransformasi.

1Pada toolbar klik salah satu tombol untuk memilihnya.
Adapun tombol-tombol yang tersedia adalah, Select Object, Select by Name, Select and Move, Select and Rotate, Select and Scale, atau Select and Manipulate.
2Pada viewport, posisikan mouse di atas objek yang akan di pilih
3Kursor berubah menjadi tanda plus (+) ketika berada di atas objek
4Ketika kursor berubah menjadi tanda plus, klik untuk memilih objek.
5Untuk menambah pilihan, tekan Ctrl+Klik

Memilih Semua Objek
Pilih menu Edit > Select All

Mengunci Objek Terpilih
1Pilih Objek.
2Klik tombol Lock Selection Set, untuk mengunci objek terpilih. Anda tidak perlu khawatir lepasnya objek terpilih ketika mengarahkan mouse dalam viewport.

Melepaskan Pilihan pada objek
1
Klik bebas dalam viewport di luar objek terpilih
2Tekan Alt+klik pada objek
3Pada menu Edit, klik Select None untuk melepaskan pilihan pada semua objek yang ada pada viewport.

Memilih dengan Area 
Untuk memilih beberapa objek secara bersamaan, dapat dilakukan dengan menarik mouse hingga sebagian atau semua objek yang akan dipilih menyentuh atau berada dalam area. Ada tiga cara memilih dengan area yang disediakan oleh 3D Max.


Region Selection
Jika Anda menarik mouse, akan muncul bidang segiempat yang ditetapkan sebagai default. Ketika Anda melepaskan mouse semua objek yang berada dalam atau bersentuhan dengan garis segiempat akan terpilih.
Select By Name
Anda dapat memilih objek menggunakan nama yang diberikan pada objek.

Cara memilih objek menggunakan namanya.

1Ikuti salah satu cara berikut

- Pada main toolbar, klik tombol Select By Name

- Pada menu Edit, klik Select By > Name

- Pada menu Tools, klik Selection Floater
2Pilih beberapa objek yang ada dalam daftar, Gunakan Ctrl atau Shift untuk menambah pilihan.
3Klik tombol Select untuk membuat pilihan
Memberi Nama pada Pilihan Anda dapat memberi nama untuk objek terpilih. Cara ini dapat digunakan untuk memilih kembali pilihan yang sama dengan cepat.
Memberi nama pada objek terpilih.
1.Pilih beberapa objek atau sub objek
2.Pada kotak masukan klik Named Selection yang berada di main toolbar.
3.Ketik nama yang Anda inginkan
4.Tekan Enter.

Memanggil Pilihan
1.Klik tombol panah yang berada di sebelah kiri kotak masukan Named Selection Sets.
2.Pilih Nama yang ada dalam daftar

Selection Filter 
Anda dapat membatasi pilihan dengan cara menentukan kategori objek yang dapat dipilih. Kategory All merupakan default, Anda dapat menggantinya melalui Selection Filter.

Daftar Isi

Animation

  1. Desain Grafis, Animasi,  Pengertian Desain Grafis, Program Desain Grafis, Guna Desain Grafis
  2. 10 Aksi Gagal Yang Dikemas dalam Animasi
  3. Kumpulan Animasi Yang Berhubungan Dengan Kucing
  4. Kumpulan Animasi Burung Lucu dan Menggemaskan
  5. Sekilas Tentang Cara Pembuatan Animasi
  6. Animasi Menghibur,  Animasi Lucu, Animasi Gokil
  7. Animasi Monyet Lucu dan Gokil, Monyet-Monyet Lucu
  8. Kumpulan Animasi Gokil, Animasi Lucu Banget, Animasi Goyang
  9. Animasi Lucu yang Bikin Ketawa Sendiri
  10. Kedip Kedip Mata Kucing
  11. Animasi Penghibur Lagi Bengong
  12. Animasi Kelap Kelip Kota Jakarta
  13. Animasi Panda Main Kuda Lumping
  14. Animasi Jingkrak
  15. Wajah-Wajah Cantik Dari Bollywood
3D StudioMax
  1. Belajar Mengenal 3D Studio MAX 
  2. Tutorial 3D Studio MAX Mengenal Menu
  3. Cara Instal Program 3D Studio MAX 7
  4. Tutorial 3DS MAX Mengenal Objek 3D Primitive
  5. Membuat Objek 3D dengan Terukur
  6. Membuat Objek 3D dengan Menu Toolbar
  7. Tutorial 3D Studio Max Mengenal Menu Quad
  8. Tutorial 3D Studio MAX Objek 2D Shape
  9. Tutorial 3D Studio MAX Membuat Model 3D
  10. Tutorial 3D Studio Max Transformasi Objek
  11. Tutorial 3D Studio MAX tentang Lampu/Lights
  12. Tutorial 3D Studio MAX tentang Melihat cahaya lampu Spot
  13. Mengatur Warna Cahaya Lampu Spot
  14. Cara Penggunaan Menu Lathe, Extrude, FFD Box, FFD 4X4X4
  15. Tutorial 3D Max 2010 Tentang Video Post
  16. Tutorial 3D Studio Max, Objek Geometry, Modifikasi Objek Shape
  17. Tutorial 3DS Max Memilih Objek, Dasar-Dasar Memilih Objek
  18. 3D Studio MAX Main Toolbar, Tab Panel, Panel Command
  19. Tutorial 3D Max Studio, Target Camera, Free Camera
Denah