Elemen Dasar Yang Perlu Diketahui Dalam Desain Grafis

Desain Grafis dan Percetakan

Elemen Dasar Yang Perlu Diketahui Dalam Desain Grafis

Elemen-elemen dasar grafis dua dimensi terdiri dari garis, bentuk, warna, kontras nilai, tekstur, dan format.

Garis
Garis adalah tanda yang dibuat oleh alat untuk menggambar melewati permukaan. Alat yang dipakai untuk menggambar tersebut antara lain pensil, ballpoint, pointed brush, keyboard, mouse, dan sebagainya. Garis dapat juga merupakan potongan di permukaan yang keras yang biasa disebut grafir. Garis juga didefinisikan sebagai titik-titik yang bergerak. Selain itu, garis juga disebut sebagai jalur terbuka. Anda mungkin telah menggambar garis bertahun-tahun, tak pernah berhenti, dan tak pernah menganalisisnya.

Garis dikategorikan berdasarkan tipe, arah, dan kualitasnya. Tipe garis atau atribut garis merujuk pada gerakan garis dari awal hingga akhir. Tipe garis ini dapat berupa garis lurus, lengkung, atau siku-siku. Inilah yang paling mudah untuk membedakan tipe garis.

Kategori kedua adalah arah garis. Arah garis menggambarkan hubungan antargaris terhadap halaman. Arah garis ini dibedakan menjadi tiga, yaitu garis horizontal, garis vertikal, dan garis diagonal. Garis horizontal bergerak melintasi halaman dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri; dari barat ke timur atau timur ke barat. Garis vertikal bergerak dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas; dari utara keselatan atau selatan ke utara. Garis diagonal adalah garis yang bergerak sudut menyudut, dari sudut kiri atas menuju sudut kanan bawah atau dari kanan bawah menuju sudut sudut kiri atas; dari sudut kanan atas menuju sudut kiri bawah atau dari sudut kiri bawah menuju sudut kanan atas.

Kategori ketiga adalah kualitas garis. Kualitas garis merujuk pada bagaimana garis itu digambar. Kualitas garis dapat diserupakan dengan kualitas suara atau kualitas musik. Menilai kualitas garis lebih banyak menggunakan perasaan. Mungkin kualitas garis itu dapat berupa garis yang takut-takut atau tegas, halus atau patah-patah, tebal atau tipis, tetap atau berubah-ubah.

Gambar H merupakan iklan Volkwagen yang dibuat oleh DDB Worrldwide yang banyak menggunakan garis. Gambar 2.9 merupakan iklan Nintendo yang berjudul “Arrow” yang dibuat oleh Leo Burnett, London. Iklan tersebut mendapat penghargaan “Gold” pada festival Effie 2002.
Gambar H

Bentuk

Bentuk merupakan gambaran umum sesuatu atau formasi yang tertutup atau jalur yang tertutup. Banyak cara melukiskan bentuk pada permukaan dua dimensi. Salah satu cara melukiskan bentuk adalah dengan garis. Garis dapat digunakan untuk menggambarkan bentuk yang datar, misalnya lingkaran (bola), elip, silinder, piramid, atau kubus. Bentuk dapat diisi dengan warna, nada, atau tekstur. Bagaimana bentuk tersebut digambar akan menampilkan kualitasnya. Gambar I menunjukkan iklan Federal Express yang menggunakan bentuk. Iklan berjudul “Box” tersebut memenangkan penghargaan “Gold Lion” pada Festival Cannes 2001 dan “Gold” pada AdFest 2002. Iklan buatan BBDO Bangkok tersebut ditunjukkan pada Gambar J.
Gambar I

Iklan KDDI dengan judul “Tyde-Up” mengguanakan elemen dasar bentuk. Iklan tersebut memenangkan penghargaan “Bronze” pada Advest 2002. Iklan buatan Dentzu Tokyo tersebut ditunjukkan pada Gambar J.
Gambar J
Cara lain menggambarkan bentuk adalah menggunakan warna dan kolase. Daerah warna grey yang dihasilkan dari warna hitam dan putih merupakan bentuk yang tidak dibuat dengan garis. Dengan demikian, warna berbeda jelas dengan garis. Gambar K adalah iklan dari BMW MINI yang dibuat oleh Alster Hamburg yang berjudul “Halfpipe” menggunakan bentuk. Iklan tersebut memenangkan penghargaan “Gold” pada festival Effie 2002. Kolase adalah aktivitas memotong dan menempelkan material dengan sedikit berbeda seperti renda, kertas, dan foto pada permukaan dua dimensi termasuk pada halaman elektronik. Iklan Coca-Cola dengan judul “No Reason” yang dibuat oleh Dentzu Tokyo menggunakan kolase. Iklan tersebut memenangkan penghargaan “Silver” pada AdFest 2002. Lihat Gambar L.

Gambar K
Gambar L

Merancang Warna

Warna merupakan elemen grafik yang sangat kuat dan provokatif. Empat warna (bukannya hitam putih) akan meningkatkan efektivitas dan biaya iklan. Dengan demikian, multimedia yang dirancang sesuai dengan warna yang disukai pasar akan memberikan keunggulan bersaing dalam periklanan. Warna sulit dikendalikan ketika menciptakan pekerjaan desain grafis yang orisinil dan ketika menampilkannya pada layar multimedia, baik di televisi maupun di web. Beberapa saran merancang warna yang efektif adalah sebagai berikut:

  • Pilihlah warna sesuai konsep yang Anda desain.
  • Pilihlah warna yang akan mengkomunikasikan semangat dan kepribadian pemesan iklan.
  • Buatlah keyakinan bahwa warna menyempurnakan kemampuan baca pada pesan yang disampaikan lewat iklan.
  • Periksalah di antara warna yang kontras dalam desain Anda untuk memberikan dampak visual.
  • Ciptakan sketsa dengan banyak warna (paling sedikit dua puluh warna).
  • Cobalah mendesain dengan satu warna, kemudian dengan dua warna, dan akhirnya dengan warna penuh.
  • Analisislah penggunaan warna kontemporer yang sukses dan dalam solusi desain master.
  • Ketika Anda mendesain dengan komputer, ingatlah Anda melihat di layar elektronik dan warna dapat berbeda apabila dicetak.
  • Pelajarilah penggunaan warna dalam sejarah desain grafis.
  • Pelajarilah simbol warna pada budaya yang berbeda. Simbol warna tidak universal. Orang Cina, Korea, Jepang menyukai warna kuning emas dan merah, orang Eropa menyukai warna hitam dan abu-abu.
  • Lihatlah warna tren melalui warna sampul CD, sampul buku, sampul majalah, iklan TV, dan sebagainya.
  • Kunjungi perpustakaan, percetakan, penerbitan, studio desain, dan web. Berbicaralah dengan pemesan iklan, dengan pemasok, dan dengan para professional desain tentang warna yang disukai pelanggan.
Iklan mobil MINI yang berjudul “Match” menggunkan tulisan putih, sementara mobil dan kepala korek api berwarna merah di atas latar belakang hitam. Iklan buatan Crispin Porter Bogusky ini mendapat penghargaan Silver pada Festival On Show 2003 untuk kategori Outdoor. Lihat Gambar M.

Gambar M
Iklan Nurofen Menstrual menampilkan warna dan raut muka yang eksprersif. Iklan yang berjudul “Man” ini memenangkan penghargaan “Golden Drum” pada festival Golden Drum 2003. Iklan buatan McCann-Erickson Warsawa tersebut ditunjukkan pada Gambar N.

Gambar N
Demikian juga iklan Pivovarna Union yang menggunakan wana dominan kuning, putih, dan merah. Iklan yang berjudul “Football” yang dibuat oleh Pristop ini memenangkan "Goldenstick” pada festival Golden Drum 2002. Iklan tersebut ditunjukkan pada Gambar O.
Gambar O

Kontras Nilai

Nilai digunakan untuk menggambarkan rentang kecerahan dan kegelapan sebuah elemen visual. Hubungan antarsatu elemen dengan elemen lain yang berkaitan dengan kecerahan dan kegelapan disebut kontras nilai. Kontras nilai memberikan citra dan persepsi secara rinci. Kita membutuhkan kontras nilai untuk membaca kata atau tulisan pada suatu layar multimedia. Tulisan pada layar yang mempunyai nilai hampir sama membuat kita kesulitan bahkan tidak dapat membacanya. Gunakan nilai kontras, misalnya jika tipe tulisan putih, maka layar berwarna hitam. Perbedaan kontras nilai akan memberikan efek yang berbeda baik visual maupun emosional. Jika rentang kontras nilai sempit maka disebut kontras rendah, tetapi jika rentang nilai tinggi disebut kontras tinggi.

Iklan mobil MINI yang berjudul “LET’S SIP, NOT GUZZLE” menggunakan tulisan putih di atas latar belakang hitam. Iklan buatan Crispin Porter Bogusky ini meridapat penghargaan Silver pada Festival On Show 2003 untuk kategori Press 6t Publications. Lihat Gambar P.

Gambar P

Iklan perusahaan helm Bell Amerika yang selalu menekankan gaya dan trend, tetapi juga tidak melupakan keselamatan menggunakan kontras nilai antara hitam dan putih. Iklan buatan Crispin Porter Bogusky tersebut menggunakan tulisan hitam di atas latar belakang putih. Iklan yang berjudul “Racing” tersebut memenangkan penghargaan "Gold” pada On Show 2003. Iklan tersebut ditunjukkan pada Gambar 2.17.

Gambar Q
Iklan majalah Novy Prostor buatan EURO RSCG Eropa berjudul “Home Street Home” menampilkan tulisan merah di atas latar belakang coklat muda dan tulisan NP putih di atas merah. Iklan majalah Novy Prostor tersebut mendapat penghargaan “Goldenstick” pada festival Golden Drum 2003. Lihat Gambar X.
Gambar X
Tekstur merupakan kualitas permukaan atau kualitas papan atau kertas atau halaman elektronik. Di dalam seni, tekstur dikategorikan menjadi dua, yaitu teksture tactile dan tekstur visual. Tekstur tactile adalah nyata, kita dapat merasakan permukaannya tersebut dengan jari kita. Sedangkan tekstur visual adalah ilusi, tekstur tersebut memberikan impresi yang sederhana dari tekstur yang nyata.

Tekstur tactile dapat diciptakan dengan berbagai cara. Anda dapat memotong dan melem atau menempel pada tekstur. Anda juga dapat melakukan embossing (sebuah permukaan yang muncul) dengan mengimpresi tekstur dalam relief. Bisa juga Anda membuat permukaan papan atau kanvas atau dengan mencat. Ini biasa disebut impasto.

Tekstur visual diciptakan menggunakan garis, kontras nilai, dan atau warna. Tekstur visual dalam halaman elektronik dapat dibuat langsung dengan perangkat lunak komputer, misalnya Corel Draw, Photoshop, Adobe After Effect, Adobe Premiere, dan sebagainya. Anda juga dapat menggunakan CD tekstur yang berisi bermacam-macam tekstur. Metode menciptakan tekstur visual serupa dengan metode yang digunakan untuk menciptakan pola.

Iklan Family Plan Medical Insurance dari Sanitas yang dibuat oleh Contrapunto, Madrid, berjudul "Van Gogh” yang memenangkan Gold Lion pada Festival Cannes 2003 untuk kategori iklan majalah menggunakan elemen dasar tekstur visual. 

Iklan Stella Artois yang dibuat oleh Lowe, berjudul ’’Mask” yang memenangkan Gold Lion pada Festival On Show 2003 untuk kategori iklan majalah menggunakan elemen dasar tekstur visual.

Iklan dari Giro menggunakan garis, kontras nilai, warna, dan bentuk untuk mengimpresikan tekstur. Giro merupakan perusahaan helm yang mendesain helm secara revolusioner. Kualitas perlindungan merupakan yang utama pada helm. Akan tetapi, Giro mencoba mendesain helm yang cantik dan trendy yang membuat orang tertarik pada saat pertama kali melihat. Iklan yang dibuat oleh Crispin Porter Bogusky tersebut berjudul "Snail”. Iklan ini menampilkan siput yang rela meninggalkan sarangnya untuk kemudian bersarang di helm Giro karena kecantikannya. Iklan tersebut meningkatkan penjualan helm sebesar 248 % dibandingkan tahun sebelumnya. 

Elemen-elemen grafik seperti garis, bentuk, warna, tekstur, kontras nilai, format, video, dan audio dari multimedia membuat perbedaan terhadap dampak multimedia maupun biayanya. Sedikit penataan ulang atas elemen-elemen mekanis dalam multimedia dapat meningkatkan kemampuannya menarik perhatian. Format terdiri dari ukuran dan ilustrasi. Iklan untuk ukuran besar menarik lebih banyak perhatian daripada iklan yang berukuran kecil, yang tidak sebesar perbedaan biayanya. Ilustrasi terdiri dari ilustrasi gambar bermakna, ilustrasi hubungan tanda, dan ilustrasi simbol.

Ilustrasi gambar bermakna misalnya dipakai oleh iklan Museum Torture Praha. Iklan yang berjudul “Fish” yang dibuat oleh Leo Burnett Praha tersebut memenangkan penghargaan “Silver Drumstick” pada Festival Goleen Drum 2003. 
Ilustrasi hubungan tanda adalah ilustrasi yang menggunakan tanda lebih spesifik daripada ilustrasi gambar bermakna. Suatu objek merupakan tanda dari sesuatu. Iklan Toyota Land Cruiser menggunakan ilustrasi hubungan tanda. Iklan yang berjudul “Tribesman” dan memenangkan penghargaan “Silver Drumstick” ini dibuat oleh Saatchi & Saatchi, Polandia. 
 Tutorial 3D Studio MAX Main Toolbar, Tab Panel, Panel Command

0 Response to " Elemen Dasar Yang Perlu Diketahui Dalam Desain Grafis "

TotalPing | Google Ping | Ping Blog Search | Add Url | Google Master | Bing Master | Site Value | Seo Jerman | TotalPing