Seni membingkai dan ketrampilan memajang bingkai cukup mudah dipelajari

Desain Grafis dan Percetakan

POSISI DAN TEKNIK MEMAJANG

Caranya, lihat, cermati, dan cari inspirasi dari apa yang sudah dilakukan orang lain, selanjutnya lakukan eksperimen sendiri dirumah.
Mencermati

Posisi Bingkai
  • Agar nyaman dipandang mata, ketinggian titik tengah bingkai dari lantai sebaiknya sejajar dengan ketinggian pandangan mata, yaitu berkisar antara 150 - 160 cm yang merupakan tinggi rata-rata orang Indonesia. Peletakan bingkai yang terlalu tinggi akan menyebabkan kepala mendongak saat memandangnya, sedangkan yang terlalu rendah menjadikan kita harus menundukkan kepala atau membungkukkan badan untuk dapat menikmatinya.
  • Posisi bingkai tak harus selalu simetris dengan furnitur benda-benda lainnya, karena bisa menimbulkan kesan kaku, terlalu biasa dan membosankan. Bingkai yang sengaja dipasang agak ke tepi atau di posisi yang tidak sentral justru bisa menjadi penyeimbang ruangan dan menjadi titik fokus yang menarik.

Bingkai dalam Posisi Sentral

Bingkai Dalam Posisi Tidak Sentral


Teknik Memajang Bingkai

Memajang bingkai tidak harus selalu dengan cara digantung di dinding menggunakan tali. Teknik "offthe wali” merupakan sebuah alternatif peletakan bingkai selain digantung di dinding. Alih-alih digantung di dinding, bingkai bisa diletakkan begitu saja di atas meja atau bufet, bersama-sama pernik aksesoris lainnya. Penataan seperti ini menciptakan titik fokus yang menarik dan mudah diubah-ubah, dipindah-pindahkan atau ditata ulang.

Macam-macam cara memasang atau meletakkan bingkai.

1. Diletakkan di atas meja, bufet atau di lemari pajangan, terutama untuk bingkai-bingkai berukuran kecil yang dilengkapi dengan dudukan di bagian belakang bingkai sehingga bingkai bisa ’berdiri’.
Bingkai ukuran kecil yang diletakkan di atas meja

2. Digantung dengan tali atau kawat di belakang bingkai (tak terlihat) atau digantung dengan tali dan hook pada plafon yang sengaja diekspos.
Bingkai lukisan yang digantung dengan tali/kawat di balik bingkai

3. Diletakkan di atas meja, bufet atau piano, dan bersandar pada dinding.
Bingkai mungil disandarkan di atas meja kecil

4. Diletakkan di atas lantai dan disandarkan ke dinding.
Bingkai cermin besar yang diletakkan di lantai bersandar ke dinding.

5. Diletakkan di atas tatakan atau ambalan yang dipasang ke dinding.
Bingkai diletakkan di atas ambalan kayu yang dipasang pada dinding.
 Tutorial 3D Studio MAX Main Toolbar, Tab Panel, Panel Command

0 Response to " Seni membingkai dan ketrampilan memajang bingkai cukup mudah dipelajari "

TotalPing | Google Ping | Ping Blog Search | Add Url | Google Master | Bing Master | Site Value | Seo Jerman | TotalPing