Tempat Kerja Aman, Membidik Rumahku, Lingkungan Kerja

Desain Grafis dan Percetakan

Menciptakan Tempat Kerja Aman


Apa perlu, Tempat Kerja Aman dan Bagaimana Cara menciptakannya. Bayangkan jika karyawan kerja di tempat yang tidak nyaman sudah tentu Hasilnya tidak maksimal. Nah untuk itu alangkah baiknya mencoba  menyimak uraian-uraian di bawah ini.

Marilah kita mulai dengan menerapkan Program yang mudah tetapi berdampak nyata dan kita beri Nama Program :

“MEMBIDIK RUMAHKU” 

Apa Artinya : "Membidik adalah mengambil gambar dengan melakukan foto"
Rumahku adalah Area atau lingkungan tempat saya bekerja yang menjadi tanggung jawab saya.

Menciptakan karyawan di semua Level menjadi memiliki pola pikir terus kreatif dan memiliki inisiatif yang tinggi dalam menerapkan dan mentaati standar dengan konsisten dan selalu berinisitif meningkatkan standar diarea kerja dan secara umum di lingkungan kerjanya. 

DAMPAK KEGIATAN PROGRAM 

  1. Menciptakan Tempat Kerja Aman, Sehat dan Nyaman serta meningkatkan semangat kerja karyawan menjadi tinggi dan keselamatan akan tercipta dengan kondisi yang Aman. 
  2. Menjadikan tingkat kepedulian karyawan semakin tinggi dan tingkat disiplin yang tinggi. 
  3. Meningkatkan kualitas dan kemampuan kerja karyawan. 
  4. Mempermudah gerak kerja dan mempersingkat waktu yang digunakan untuk melakukan kegiatan perbaikan dan maintenance serta kegiatan lainnya. 
  5. Kepercayaan diri semua karyawan meningkat karena kesiapan diri dan kondisi selalu prima. 
  6. Pabrik tempat kita bekerja menjadi hygine dan secara otomatis perilaku setiap personil di pabrik terlihat nyata perubahannya. 
  7. Pabrik tempat kita bekerja menjadi kebanggaan. 

PENTINGNYA PENGELOLAAN AREA DAN LINGKUNGAN KERJA 


Pengelolaan lingkungan kerja yang selama ini dilakukan selalu dianggap sebagai suatu pengelolaan yang memerlukan pengoperasian dan biaya yang mahal. Persepsi seperti ini terkadang menyebabkan kita merasa terhambat untuk melakukan sebuah usaha dalam mengelola lingkungan kerja kita. 

Sebenarnya cara yang paling sederhana, murah dan cepat untuk mengelola area kerja adalah dengan kita selalu menjaga area kerja dengan baik dan konsisten sehingga kita tidak perlu memerlukan biaya mahal dan waktu serta tenaga yang banyak dalam melakukan pengelolaannya. 

Pengelolaan lingkungan kerja merupakan serangkaian kegiatan yang pada prinsipnya ditujukan untuk mengamati hal-hal yang sederhana namun dalam pelaksanaannya tidak hanya didasarkan pada cara membersihkan lingkungan kerja saja akan tetapi juga diperlukan kreativitas dan komitmen dari setiap karyawan untuk meningkatkan standar pada area dan lingkungan kerjanya. 

Disamping menjaga area dan lingkungan kerja dari keamanan, kebersihan, kerapihan, kenyamanan hal penting lainnya adalah kita harus mengatur penggunaan bahan baku, energi dan air dan juga mesin dan pendukungnya secara optimal, karena hal tersebut pada akhirnya akan meningkatkan keselamatan, kenyamanan serta produktifitas kerja dan upaya pencegahan pencemaran lingkungan serta melatih karyawan mampu mandiri mengelola pekerjaannya. 

Metode yang akan kita gunakan adalah dengan “Gambar melalui pengambilan Foto” sehingga akan menyenangkan dalam penerapannya dan dapat memotivasi kita untuk meningkatkan kondisi dari “Sebelum ada perbaikan atau peningkatan” dan “Setelah ada perbaikan atau peningkatan”sehingga akan menjadikan kita dapat melihat secara nyata dan dapat berbagi pengalaman kepada seluruh anggota team di tempat kita bekerja serta menjadikan sejarah perkembangan dari peningkatan yang telah kita lakukan. Kriteria yang digunakan sebagai Acuan dalam pengkategorian adalah : 
  1. Terkait Safety. Seluruh kondisi yang dipertimbangkan akan berdampak pada Safety atau keselamatan atau jika tidak dilakukan perbaikan maka akan berdampak pada timbulnya resiko kecelakaan atau accident termasuk yang berdampak nearmis. 
  2. Terkait Hygiene. Seluruh kondisi yang dipertimbangkan akan berdampak pada kualitas Produk dan kualitas lingkungan terhadap kesehatan karyawan atau jika tidak dilakukan perbaikan mana akan berdampak pada timbulnya resiko kualitas produk atau kesehatan karyawan. 
  3. Terkait Kebersihan dan Kerapihan. Seluruh kondisi yang dipertimbangkan akan berdampak pada kenyamanan dan secara tidak langsung akan berdampak pada kesehatan karyawan dan secara langsung terhadap visualisasi penerapan standar dan keindahan area kerja. 
  4. Terkait Mesin, system instalasi dan Utility. Seluruh kondisi yang dipertimbangkan akan ber dampak pada safety atau keselamatan dan juga terhadap produktivitas mesin atau kinerja mesin atau jika tidak dilakukan perbaikan maka akan berdampak pada produktivitas mesin atau kinerja mesin menjadi menurun atau tidak aman serta performance mesin dan utility menurun.

0 Response to " Tempat Kerja Aman, Membidik Rumahku, Lingkungan Kerja "

TotalPing | Google Ping | Ping Blog Search | Add Url | Google Master | Bing Master | Site Value | Seo Jerman | TotalPing