Komposisi, Proporsi & Tata Letak Bingkai Serta Gaya (Style)

Tata Letak Bingkai perlu diketahui agar foto yang di pajang akan menambah keindahan dan kemewahan ruangan. Agar kelihatan menarik perlu diperhatikan Komposisi, Proporsinya. Nah agar anda tahu cara Tata Letak Bingkai yang tepat, silahkan lanjutkan membaca artikel ini.

“Bingkai tinggal dipasang di dinding yang kosong, selesai! ”, benarkah demikian?


Komposi, Proporsi dan Tata Letak Bingkai
Memang, belum banyak orang yang menyadari bahwa sebuah gambar memiliki berbagai aspek dan potensi yang besar, yang dapat dieksplorasi untuk dipergunakan secara maksimal dalam penataan interior ruangan. Akibatnya, kita sering hanya menggantung lukisan atau poster secara asal atau sembarangan, sehingga fungsinya hanya sekadar mengisi kekosongan dinding. Bahkan, akibat peletakan yang salah/kurang tepat justru akan merusak komposisi di dalam ruangan. Sayang, bukan?

Foto kenangan yang begitu berharga dan semestinya menjadi salah satu titik fokus aksesoris ruangan justru merusak keindahan ruang akibat salah tempat. Hal ini tidak perlu terjadi, jika kita tahu beberapa hal praktis seputar bingkai dan interior.

Dengan memanfaatkan unsur-unsur warna, tekstur dan permainan bentuk, kita bisa menciptakan berbagai variasi mood, mengelompokkan beberapa bingkai untuk menciptakan efek tertentu, mencocokkan tema gambar dengan elemen interior lainnya pada sebuah ruangan, dan menyatukan benda-benda seni lainnya dengan gambar-gambar berbingkai untuk menciptakan komposisi yang harmonis. Di samping itu, ada macam-macam trik atau tipuan visual yang bisa menghadirkan efek yang mengejutkan/tak terduga, yang dapat diterapkan di rumah.

Tip Komposisi, Proporsi  & Tata Letak Bingkai

Untuk menambah wawasan, tak ada salahnya sering-sering mengamati berbagai contoh peletakan bingkai, misalnya ketika sedang berjalan-jalan di mal dan makan di restoran, berkunjung ke gallery atau museum, atau di hotel-hotel berbintang yang menata interiornya secara seksama. Perhatikan mengapa ruangan-ruangan di sana terasa mewah, berkelas, indah dan nyaman. Salah satunya pastilah karena bingkai-bingkai yang terpasang dengan tepat!.

 Tata Letak Bingkai

Penataan bingkai dan elemen dekoratif lainnya dalam proporsi dan komposisi yang menarik.


Kehadiran bingkai oval bergaya klasik menjadi penyeimbang komposisi botol-botol aneka bentuk sehingga tampil lebih harmonis.

BINGKAI DAN GAYA (STYLE)


Sebagai salah satu elemen dekoratif dalam penataan ruang, bingkai-bingkai perlu disesuaikan dengan gaya penataan ruang secara keseluruhan. Jika tidak, maka fungsi bingkai yang semula dimaksudkan untuk memperindah dan memperkuat karakter ruangan, malah bisa ‘merusak pemandangan’.

Klasik Tradisional dan Antik

Ciri khasnya adalah ramai dengan profil atau ukiran dan umumnya di-finishing dalam warna-warna emas, tembaga atau perak, tak jarang ditambah dengan sentuhan prada atau teknik pecah seribu.

Bingkai Cermin Antik

Bingkai Gaya Klasik

Klasik Modern

Ciri khasnya adalah masih menggunakan profil atau ukiran namun lebih sedikit atau tidak seramai gaya klasik tradisional. Warna-warna yang digunakan pada finishingnya tetap berkisar pada warna-warna emas, tembaga atau perak, dengan sentuhan prada atau teknik pecah seribu.
Bingkai Bergaya Klasik Modern

 Klasik Modern

 Bingkai Klasik Modern

Modern Minimalis

Kebalikan dari bingkai bergaya klasik tradisional adalah bingkai modern minimalis. Umumnya memiliki potongan atau garis bingkai yang tegas, polos tanpa ukiran atau ornamen yang ramai. Kalaupun ada, profil atau lekuk-lekuknya sangat minimal, dan tampil dalam warna-warna cat polos (hitam, coklat), atau warna-warna kayu. Finishingnya natural dan tetap menonjolkan serat-serat kayunya, atau ada juga yang terbuat dari aluminium dalam warna emas/perak yang bersih.
 Modern Minimalis

Etnik

Mirip dengan bingkai antik, namun potongan, tekstur dan teknik finishingnya lebih kasual. Ada yang sengaja dibuat dari rotan atau kayu yang berlubang-lubang atau dibiarkan dalam tekstur dan warna alaminya sehingga kesan etnik dan rustic sangat terasa. Warna-warna kayu, tembaga, sepuhan emas dan perak bakar atau yang menggunakan teknik finishing pupur (seperti ‘dlbedaki’) banyak dipakai pada gaya ini.


Contoh Bingkai Bergaya Etnik

Satu-Dua Gambar Sudah Cukup

Beberapa orang senang memajang bingkai memenuhi sekeliling ruangan, mirip sebuah kamar harta karun. Namun yang sedang menjadi tren saat ini adalah gaya minimalis, yaitu memajang satu-dua buah gambar saja. Seringkali yang dipilih adalah gambar/lukisan abstrak yang indah dan berefek menenangkan.

Dengan menganut paham "less is more”, minimalisme telah menjadi sebuah gaya penataan ruangan yang fashionable selama beberapa tahun terakhir ini. Gaya Ini menawarkan nafas segar di tengah-tengah banyaknya koleksi barang-barang milik kita yang menumpuk di rumah. Ide utama tentang gaya hidup yang simpel menjadi patokan di sini. Keuntungan dari gaya minimalis adalah mendorong arsitek dan para desainer interior untuk menggunakan material berkualitas tinggi dan bekerja dengan hasil akhir yang rapi, sebab pada gaya minimalis hal ini akan langsung terlihat oleh mata.

 Penataan Minimalis


Penataan minimalis
Perhatikan kombinasi yang manis antara lukisan abstrak geometris berbingkai minimalis dan pilihan furnitur yang simpel dan bersih serta serumpun tanaman hijau segar dalam vas kaca bening yang simpel Ini. Suasana tenang, nyaman dan bersih langsung terasa. Perhatikan pula keserasian motif dan warna sarung bantal kursi serta warna tirai dengan corak dan warna lukisan abstraknya. Simpel namun efektif.

Selanjutnya baca tentang Bingkai dan Kepribadian.
Untuk mengetahui lebih lengkap tentang desain grafis membaca.
Animation, Art, Bisnis, Grafis, Interior, Hiasan, Inspirasi, Lelucon, Logo, Motivasi, Printing, Surat, Tutorial, Bukti Transaksi, Kwitansi, Nota, Cek, Bon, Faktur Dan Kwitansi Jakarta Airport Services, Spanduk Makanan dan Minuman Segar Yang Menarik, Desain Rumah Minimalis, Desain Rumah, Desain Rumah Sederhana, Desain Rumah Modern, Desain Rumah Minimalis, 2 Lantai. Desain Rumah Kecil.

Daftar Isi

Animation

  1. Desain Grafis, Animasi,  Pengertian Desain Grafis, Program Desain Grafis, Guna Desain Grafis
  2. 10 Aksi Gagal Yang Dikemas dalam Animasi
  3. Kumpulan Animasi Yang Berhubungan Dengan Kucing
  4. Kumpulan Animasi Burung Lucu dan Menggemaskan
  5. Sekilas Tentang Cara Pembuatan Animasi
  6. Animasi Menghibur,  Animasi Lucu, Animasi Gokil
  7. Animasi Monyet Lucu dan Gokil, Monyet-Monyet Lucu
  8. Kumpulan Animasi Gokil, Animasi Lucu Banget, Animasi Goyang
  9. Animasi Lucu yang Bikin Ketawa Sendiri
  10. Kedip Kedip Mata Kucing
  11. Animasi Penghibur Lagi Bengong
  12. Animasi Kelap Kelip Kota Jakarta
  13. Animasi Panda Main Kuda Lumping
  14. Animasi Jingkrak
  15. Wajah-Wajah Cantik Dari Bollywood
3D StudioMax
  1. Belajar Mengenal 3D Studio MAX 
  2. Tutorial 3D Studio MAX Mengenal Menu
  3. Cara Instal Program 3D Studio MAX 7
  4. Tutorial 3DS MAX Mengenal Objek 3D Primitive
  5. Membuat Objek 3D dengan Terukur
  6. Membuat Objek 3D dengan Menu Toolbar
  7. Tutorial 3D Studio Max Mengenal Menu Quad
  8. Tutorial 3D Studio MAX Objek 2D Shape
  9. Tutorial 3D Studio MAX Membuat Model 3D
  10. Tutorial 3D Studio Max Transformasi Objek
  11. Tutorial 3D Studio MAX tentang Lampu/Lights
  12. Tutorial 3D Studio MAX tentang Melihat cahaya lampu Spot
  13. Mengatur Warna Cahaya Lampu Spot
  14. Cara Penggunaan Menu Lathe, Extrude, FFD Box, FFD 4X4X4
  15. Tutorial 3D Max 2010 Tentang Video Post
  16. Tutorial 3D Studio Max, Objek Geometry, Modifikasi Objek Shape
  17. Tutorial 3DS Max Memilih Objek, Dasar-Dasar Memilih Objek
  18. 3D Studio MAX Main Toolbar, Tab Panel, Panel Command
  19. Tutorial 3D Max Studio, Target Camera, Free Camera
Denah