Buat Apa Membingkai Gambar?

Desain Grafis dan Percetakan

Speaking louder than words! Sebuah gambar dapat berbicara banyak melebihi apa yang bisa disampaikan oleh ungkapan kata lisan maupun tulisan.


Sejak zaman dahulu hingga sekarang gambar-gambar dalam berbagai jenisnya memiliki banyak tujuan dan fungsi. Bisa untuk mengenang nenek moyang, menyampaikan pesan moral, menceritakan sebuah kisah, merangsang nafsu makan, atau menampilkan erotisme dan eksotisme. Gambar, yang termasuk dalam non verbal images memang merupakan media komunikasi juga, sebagai pengganti dari kata-kata lisan maupun tulisan. Bahkan, gambar bisa mengungkapkan atau berbicara banyak melebihi apa yang bisa disampaikan lewat kata-kata.

Gambar juga dapat menjadi titik fokus (focal point) di dalam sebuah ruangan, dan menegaskan karakter serta gaya pada sebuah rumah.
Buat Apa Membingkai Gambar?


Hampir semua orang memiliki koleksi gambar-gambar. Banyak pula yang senang, hobi, bahkan sudah terbiasa belanja lukisan. Namun, tidak sedikit yang kebingungan ketika harus meletakkan atau menaruh koleksi gambar dan lukisannya. Akibatnya, koleksi yang berharga tersebut akhirnya hanya tertumpuk di sudut ruangan atau tergulung apa adanya di dalam lemari. Jika sudah demikian halnya, bagaimana Anda bisa menikmati keindahannya? Sayang sekali bukan?

Tips Menggantung Gambar

Menggantung gambar berbingkai di dinding adalah salah satu cara yang sangat menarik. Gambar berbingkai indah dapat membuat dekorasi sebuah ruangan menjadi personal dan penuh arti.


Ada hubungan timbal balik antara gambar berbingkai dan ruangan tempat mengantungkannya. Gambar-gambar memberi kesan tertentu pada sebuah ruangan, sebaliknya tatanan ruangan juga bisa memperkuat atau menonjolkan kualitas khusus dari sebuah gambar.
Hubungan Antara Gambar Berbingkai dan Ruangan

Lukisan, poster, foto, ukiran dan benda-benda lainnya yang kita pajang di rumah bukanlah sekedar hiasan melainkan merupakan bagian dari keseharian kita. Tak seperti di museum atau gallery yang memang sengaja hanya memajang dan menonjolkan lukisan saja, di rumah kita bisa berkreasi lebih bebas. Anda tentu tidak bermaksud menjadikan ruangan-ruangan Anda seperti sebuah gallery tempat memajang koleksi lukisan atau poster saja bukan? Di rumah, amat jarang sebuah ruangan hanya memajang lukisan tanpa dilengkapi dengan furnitur dan pernak-pernik interior lainnya. Nah, agar ruangan terasa nyaman, gambar dan bingkai-bingkai yang tergantung di dinding ruangan harus menyatu dengan furnitur dan benda-benda lainnya.

Tips Menggantung Gambar

Keselarasan gaya, warna, dan motif di ruangan tercipta dari paduan setiap elemen interior yang ada. Bingkai, wallpaper, kain penutup sofa, bantal kursi, tirai tampil indah dan harmonis.
Perhatikan skala, komposisi besar-kecil, dan pilihan benda-benda yang ingin ditampilkan. Lakukan sesuai selera pribadi, tak perlu takut salah dan nikmati kesenangan menata dan mengubah susunan benda-benda dalam ruang. Antara gambar, bingkai dan furnitur harus terlihat menyatu.

MEMILIH BINGKAI

MEMILIH BINGKAI

Dalam urusan bingkai-membingkai, kita dimanjakan oleh banyak sekali model dan ukuran bingkai, dari yang siap pakai maupun yang dibuat sesuai dengan pesanan. Pilih menurut kebutuhan dan anggan yang ada.

Di lihat dari cara pembuatan, siapa yang membuat dan bagaimana proses pembuatannya, ada 2 jenis bingkai yang beredar dipasaran yaitu Bingkai Standart Frame) dan Bingkai Pesanan Khusus (Custom Frame).

Bingkai Standar (Standart Frame)

Bingkai-bingkai jadi (siap pakai) yang dibuat oleh pabrik dalam jumlah besar disebut bingkai standar (standart frame). Dalam hal ini kepratisan, bingkai standar dapat memenuhi kebutuhan kita secara cepat. Tinggal datang ke toko atau pusat perbelanjaan, pilih bingkai yang pas dari segi ukuran, model dan harga.

Namun bingkai standar relatif terbatas jika kita menginginkan model yang unik atau ukuran yang khusus. Kita tidak bisa leluasa menentukan model dan ukuran yang benar-benar sesuai dengan keinginan, bahkan seringkali akhirnya kita menyesuaikan dengan barang yang tersedia di toko. Apalagi jika ingin membingkai lukisan atau poster berukuran besar, maka ketersediaan pilihan yang sesuai dengan keinginan hati semakin terbatas. Nah, disinilah kita memerlukan bingkai yang dipesan khusus atau dikenal dengan istilah custom frame.

Bingkai Pesanan Khusus (Custom Frame)
Disebut demikian karena bingkai jenis ini baru dibuat setelah dipesan. Ukuran dan model bisa disesuaikan dengan keinginan pemesan sehingga bisa pas dengan kebutuhan. Bingkai-bingkai ini tidak dijual di toko-toko umum, melainkan tersedia dalam bentuk contoh-contoh model bingkai yang bisa dipilih di toko khusus.
Model dan Ukuran Bingkai

Sebelum dipotong dan dibentuk sesuai ukuran pesanan, bingkai-bingkai ini masih berupa batangan-batangan panjang yang telah difinishing. Demikian pula aksesoris dan pelengkap bingkainya yaitu kaca, tripleks bagian belakang, serta matboard, masih berupa lembaran yang perlu di potong sesuai ukuran pesanan. Otomatis, diperlukan waktu beberai hari hingga beberapa minggu sebelum bisa dibawa pulang oleh pemesan. Kelebihan bingkai jenis ini adalah unik, pas ukurannya, tak ada di toko, dan sangat variatif karena bisa dikreasikan dengan bebas sesuai selera.
Apa saja yang ada di Gallery Bingkai
Di mana Mendapatkan Custom Frame?

Untuk mendapatkan atau memesan custom frame, saat ini telah cukup banyak toko-toko khusus yang menyediakan ragam pilihan bingkai ini. Sebagai cirinya, toko-toko bingkai pesanan khusus ini umumnya memajang contoh-contoh bingkai berupa batangan-batangan kecil yang dapat dipilih dan dipesan sesuai ukuran. Di sepanjang jalan di bilangan Mampang Jakarta Selatan, cukup banyak ditemui toko-toko bingkai pesanan khusus yang menyediakan beragam jenis pilihan bingkai kelas menengah. Jika ingin kualitas bahan maupun finishing yang kelasnya lebih tinggi, maka toko-toko bingkai tersebut dapat ditemui di daerah Kwitang, Kemang, Duren Taga, Jl. Kapten Tendean, atau di mal-mal besar antara lain di Dharmawansa Square, tentunya dengan harga yang lebih mahal pula.
Di mana Mendapatkan Custom Frame?
 Tutorial 3D Studio MAX Main Toolbar, Tab Panel, Panel Command

0 Response to " Buat Apa Membingkai Gambar? "

TotalPing | Google Ping | Ping Blog Search | Add Url | Google Master | Bing Master | Site Value | Seo Jerman | TotalPing