Tutorial 3D Max Studio Tentang Camera.

Desain Grafis dan Percetakan
Tutorial 3D Max Studio Tentang Camera. Setelah mendalami materi terdahulu yaitu Lampu Omni, kini saatnya kita mempelajari Camera. Agar objek dapat dilihat dengan lebih baik, kadang-kadang kita perlu mengambil objek dari sudut pandang tertentu, atau kita ingin mendapatkan suatu pandangan secara berurutan terutama dalam mengambil gambar mengenai ruang dalam sebuah bangunan.
3D Max menyediakan beberapa jenis kamera yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Target Camera

Untuk mempelajari mengenai camera, Anda perlu membuat sebuah objek seperti terlihat pada gambar berikut ini sebagai bahan.
1. Pada panel Command, klik Create > Camera
2. Klik tombol Target.
3. Pada viewport Top, klik lalu tarik ke atas hingga tampak seperti ilustrasi berikut ini.
Menempatkan Camera pada viewport

4. Klik kanan pada viewport aktif untuk mematikan tombol Target.
5. Klik kanan pada viewport Perspective untuk mengaktifkannya, lalu ketik C untuk mengganti viewport Perspektive jenadi Viewport Camera.
6. Klik kanan dalam viewport Front, lalu pilih Move.
7. Klik objek camera untuk memilihnya, lalu posisikan mouse di atas sumbu Y hingga kursor berubah bentuk, lalu tarik ke atas untuk memposisikan camera.
8. Klik Objek target camera untuk memilihnya, lalu posisikan mouse di atas sumbu Y hingga kursor berubah bentuk, lalu tarik ke atas untuk memposisikan target Camera.
9. Selama memposisikan objek camera dan target camera, perhatian Anda tujukan pada viewport Camera.
Memposisikan Camera

Free Camera
Untuk mempelajari mengenai Camera, Anda perlu membuat sebuah objek seperti terlihat pada gambar di bawah ini, sebagai latihan. Camera jenis ini tidak mempunyai target cemara.
Free Camera

1. Buat objek kubus.
2. Pada panel Command, klik Create > Camera
3. Klik tombol Free.
4. Pada viewport Front, klik untuk memposisikan camera.
5. Klik kanan untuk mematikan tombol Free.
6. Klik kanan pada viewport Front, Pilih Rotate.
7. Posisikan mouse pada sumbu Y, lalu tarik ke atas atau ke bawah untuk memutar camera.
8. Klik kanan pada viewport Camera untuk mengatifkannya, gunakan kombinasi tombol yang berada di sudut kanan bawah tampilan untuk membuat sudut pandang yang Anda Inginkan.
Mengatur Tampilan pada Viewport Camera

Oke sekian materi kita tentang tutorial 3D Studio Max yang membahas Camera semoga cepat pahamnya dengan langsung praktek dan sering latihan. Materi selanjutkan adalah Modifier.

 Tutorial 3D Studio MAX Main Toolbar, Tab Panel, Panel Command

0 Response to " Tutorial 3D Max Studio Tentang Camera. "

TotalPing | Google Ping | Ping Blog Search | Add Url | Google Master | Bing Master | Site Value | Seo Jerman | TotalPing