Ruang Keluarga Modern Tropis

Desain Grafis dan Percetakan
Ruang Keluarga Modern Tropis - Ruang keluarga adalah ruang yang sangat penting. Banyak alasan yang membuat ruang keluarga penting salah satunya adalah karena di ruang inilah pusat interaksi keluarga berlangsung. Kegiatan bersantai semua anggota keluarga dilakukan di ruang ini, seperti membaca dan menonton televisi.

Ruang Keluarga Modern

Iklim tropis selalu menghadirkan teriknya sinar matahari, segarnya hembusan angin dan kekayaan alam khasnya. Dalam arsitektur, semua ini merupakan faktor yang menjadi sumber inspirasi untuk mendekorasi sebuah rumah.
Ruang keluarga modern tropis akan didominasi oleh garis rancangan yang berpola geometris, bersih, dan memberi kesan ringan. Begitu pula dengan material alam, seperti kayu dan bebatuan. Akan tetapi rancangan interior ruang keluarga modern tropis yang tepat tidak boleh terjebak pada style saja, melainkan mesti sanggup beradaptasi dengan kondisi alam dan lingkungan serta budaya. Berarti desain ruang keluarga perlu mempertimbangkan beberapa hal.
Bukaan atau Jendela Optimal Bukaan atau jendela optimal memberi efek ventilasi dan penyebaran panas yang baik, serta melindungi rumah dari jamur maupun bakteri akibat kelembapan. Olahan ini juga membuat udara di dalam ruangan tetap segar. Segi positif lainnya bila kita menerapkan bukaan optimal, kita bisa memanjakan indera pengelihatan. Biasanya di dekat ruang keluarga dibuat sebuah taman yang berisi tanaman khas tropis, mulai dari pohon kamboja, pisang-pisangan, rumput-rumputan hingga tanaman semak. Taman ini bisa menjadi sebuah lukisan hidup di ruang keluarga.
Ruang keluarga juga memerlukan teras yang cukup besar dengan tujuan memudahkan pergerakan udara. Begitu juga naungan seperti teritis yang menyebabkan terjadinya pembayangan, serta melindungi ruangan dari panas dan hujan. Desain ini membuat ruang tidak terlalu panas ketika siang dan tidak basah saat hujan. Ruang yang kelihatan sederhana pun dapat menjadi luar biasa, asal semua indera dapat distimulasi secara maksimal. Ruang keluarga harus mendapatkan posisi paling strategis, paling terbuka dan memiliki jarak pandang semakin luas terhadap ruang luar. Pengalaman inilah yang membuat ruang keluarga menjadi terasa mewah secara fisik maupun psikologis.
Ruang keluarga merupakan cermin karakter penghuni rumah dan menjadi first impression bagi para tamu yang datang. Dua sisi ini makin menuntut ruang keluarga didekor secara maksimal, nyaman, dan stylish. Gabungan antara imajinasi dan selera yang baik akan memberi kesan nyaman sekaligus elegan. Sedangkan penataan ruang yang efisien menciptakan kesan modern.
Tekstur, bahan dan warna memiliki posisi sangat penting. Hal penting untuk diperhatikan adalah pilihan itu harus bisa merespon keadaan ruang luar secara maksimal. Gaya dan jenis material itu bisa membaur dengan alam, atau justru sebaliknya.
Desain dan obyek pada ruang keluarga harus dibuat hangat, akrab, fleksibel sekaligus menggairahkan, karena fungsi ruang keluarga adalah mengakomodasi banyak aktivitas. Sofa merupakan bagianyang paling mendapat perhatian, karena waktu bersantai di ruang keluarga banyak dihabiskan dengan duduk-duduk atau rebahan di sofa. Mulailah mempertimbangkan ukuran sofa, sesuaikan dengan dimensi ruangan. Pilihlah sofa empuk yang terbuat dari bahan lembut dan nyaman.
Jangan lupakan pula sandaran kaki (foot stool] dan sandaran kepala untuk menjamin relaksasi, karena kita duduk lama di atasnya. Sofa model geometris dan rendah memberikan kesan ramping serta kontemporer. Menurut Anita Buntarman, desainer interior Milenia, bentuk sofa yang tidak geometris membuat suasana lebih hangat. Bahkan bisa menjadi sebuah unsur kejutan di tengah bentuk yang serba geometris.
Warna sofa termasuk elemen yang penting dan harus dipertimbangkan seperti halnya tirai atau kain-kain pelapis lainnya. Warna paling sempurna untuk hunian modern adalah warna-warna alam yang ringan dan terang. "Warna natural yang mengarah pada abu-abu, beige, dan cokelat masih dominan walau tidak tertutup kemungkinan memberi aksen atau kontras, sebaiknya perhatikan tata letak benda tersebut agar jangan sampai menyilaukan mata," jelas Anita.
Perabotan lain yang perlu dijadikan pertimbangan adalah coffee table dan side table. Untuk pilihannya, bahan kayu seperti oak, zebrano, wenge, jati, mahoni kayu kelapa, juga bambu dan rotan dapat menciptakan meja yang elegan.
Saat ini meja-meja dibuat lebih rendah menjadi 30cm. Meja tidak jarang dikombinasikan dengan kaca, metal, bahkan plastik berwarna juicy. Karpet wol atau tikar dari bahan bambu bisa dijadikan alas dari meja, dan sebagai elemen pengikat semua perabotan sekaligus memberi kesan hangat.
Rak dan lemari adalah elemen pendukung lainnya. Di sinilah Anda meletakkan berbagai pajangan, koleksi buku, DVD, pernak-pernik sampai peralatan elektronik mulai dari televisi, DVD player sampai sound system. Bentuk-bentuk stylish namun kokoh menjadi pilihan yang sesuai. Pilihan lemari built-in cukup efektif, karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Memberi kesan sempurna, materialnya bisa terbuat dari kayu zebrano atau wenge dengan kombinasi logam.
Marmer dan Keramik Pilihan yang Pas
Untuk lantai, batu alam seperti marmer atau keramik dapat menjadi pilihan yang pas untuk memberi kesan natural dan elegan. Marmer dan keramik juga bisa memberi kesan dingin, sehingga dapat mengurangi penggunaan AC. Lantai beton juga dapat menjadi pilihan lain.
"Pola lantai dibuat mengurangi banyak garis, agar menghindari tabrakan dengan garis-garis furnitur," tutur Anita. Bila ingin menampilkan nuansa elegan, warna hitam sangat cocok. Tapi bila menginginkan nuansa clean, dingin, dan luas bisa gunakan warna off-white. Warna lantai disesuaikan tergantung kebutuhan Anda.
Tirai, karpet, taplak meja dan kain-kain lainnya bisa terbuat dari sutera yang elegan atau linen yang kasual. Jika ingin menampilkan kesan sederhana, gunakan bahan yang ringan. Pernik-pernik kayu, tanah liat, dan tekstil khas juga akan menambah cantik ruangan. Hiasi pula interior dengan berbagai bunga tropis yang berwarna cerah. "Bunga sangat signifikan untuk membuat ruangan lebih nyaman," ujar Anita. Letakkan rangkaian bunga dalam vas kaca agar memberi kesan modern.
Pencahayaan ruang keluarga juga harus diperhatikan. Pencahayaan alami memberikan kesan modern tropis. Tapi pencahayaan alami ini perlu ditambah dengan sumber penerangan buatan seperti indirect lamp berwarna kekuningan. Letakkan pula table lamp pada meja tertentu, terutama yang dekat dengan spor membaca keluarga. Anda dapat pula meletakkan standing lamp berdesain modern di sudut ruangan.
Satu hal yang harus digarisbawahi adalah, jangan lupa membuat desain ruang keluarga seterbuka mungkin. Sehingga dapat dikombinasikan atau diganti beberapa elemennya bila dibutuhkan, (EG)


Tag : Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Ruang Keluarga Modern

Temukan Artikel Interior berikut

Inspirasi Interior Restoran Cita Rasa Vietnam 

Menggoda Lidah Melalui Mata 

Tips Percantik Dekorasi Kamar Mandi Ukuran Mungil 

Membuat Dapur Kayu Lebih Fungsional 

Pilihan Tempat Tidur Untuk Kenyamanan Istirahat 

Alternatif warna ruang kamar tidur 

Interior Kantor (office arrangement) 

Pengelolaan Sarana Prasarana Kantor 

Warna Cat Yang Cocok Untuk Ruang Tamu

 

 

 

 

 

 

 

 

0 Response to " Ruang Keluarga Modern Tropis "

TotalPing | Google Ping | Ping Blog Search | Add Url | Google Master | Bing Master | Site Value | Seo Jerman | TotalPing