Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Desain Grafis dan Percetakan
Teknologi Komunikasi
Manusia adalah Makhluk sosial, Kenapa? Jawabannya adalah manusia butuh berkomunikasi dengan orang lain. Karena dari sekian banyak kebutuhan manusia tidak lepas dari peranan orang lain di sekitarnya. Komunikasi telah dilakukan oleh manusia sejak zaman dahulu. Bukti-bukti seperti lukisan tangan di dalam gua menunjukkan bahwa manusia gua pada zaman dahulu menemukan cara tersendiri dalam melakukan komunikasi.

Seiring perkembangan zaman, jenis komunikasi yang dilakukan dan peralatan yang digunakan semakin berkembang. Bagaimana sejarah perkembangan komunikasi? Peralatan apa saja yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi? Pada bagian awal ini anda akan di ajak untuk mempelajari sejarah perkembangan komunikasi dan berbagai macam peralatan untuk melakukan komunikasi dari zaman dahulu sampai sekarang.

Setelah mempelajari materi ini, anda akan dapat mengetahui jenis-jenis peralatan teknologi informasi dan komunikasi, menyebutkan peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang termasuk media cetak, dan menyebutkan peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang termasuk media elektronika.

Komunikasi adalah kegiatan saling berbagi pendapat, informasi, dan pesan antara berbagai pihak pada suatu waktu dan tempat tertentu. Tujuan utama manusia berkomunikasi adalah untuk memperoleh informasi mengenai sesuatu hal. Komunikasi yang paling tua adalah komunikasi oral (dengan berbicara) yaitu bentuk komunikasi yang di anggap paling kekal. Setelah zaman yang semakin berkembang dan manusia bisa menulis serta mampu berkomunikasi dengan menggunakan tulisan, maka komunikasi semakin berkembang di mulai dengan ditemukannya alat-alat elektronika seperti telegram, telepon, faksmili, televisi, dam alat digital seperti komputer.

Pada dasarnya, komunikasi mencakup beberapa hal, antara lain komunikasi menulis dan berbicara (ekpresi wajah, bahasa, dan sikap tubuh), komunikasi gambar (lukisan, foto, video, dan film), dan komunikasi elektronik (telepon, surat elektronik, televisi, dan siaran satelit).

Komunikasi mengalami perkembangan dari waktu ke waktu seiring kemajuan teknologi. Berdasarkan medianya komunikasi dibagi menjadi dua, yaitu komunikasi langsung dan tidak langsung. Komunikasi langsung (satu atau dua arah) dengan cara pesan yang dikeluarkan pengirim langsung dibaca oleh penerima, misalnya masalah yang membutuhkan diskusi antara beberapa pihak dan komunikasi melalui pesawat telepon. Komunikasi tidak langsung berupa pembacaan pesan oleh penerima yang dapat dilakukan sewaktu-waktu setelah pesan tersebut dikirimkan. Contohnya adalah internet, TV, Faksimili, dan media massa.

Secara sederhana peralatan teknologi informasi dan komunikasi dapat dibedakan menjadi media cetak dan media elektronik.

Nah sekian dulu nanti kita akan lanjutkan tentang peralatan komunikasi... Sampai Jumpa

Salam Fauzi Chaniago

TotalPing | Google Ping | Ping Blog Search | Add Url | Google Master | Bing Master | Site Value | Seo Jerman | TotalPing