Peralatan Komunikasi Telepon

Desain Grafis dan Percetakan
Telepon. Telepon adalah alat komunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik dengan menggunakan kabel jaringan telepon. Telepon pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Kemudian Kongres di Amerika Serikat pada tahun 2001 menyatakan bahwa penemu dan pemilik hak paten atas telepon adalah Antonio Meucci. Telepon terdiri dari empat bagian utama sebagai berikut :

Mekanisme Dialling
Mekanisme Dialling memungkinkan penelepon memasukkan nomor telepon yang ingin di panggil. Telepon menjadi mekanisme dialing yang terdiri dari keypad berjumlah 12 tombol, yaitu tombol 0 sampai 9, tombol *, dan tombol pagar (#).

Mikrofon
Mikrofon atau transmitter berfungsi untuk mengubah suara menjadi arus listrik. Arus listrik yang diterima kemudian dikirimkan melalui kabel telepon.
Terdapat dua jenis pemancar, yaitu pemancara listrik (electrict transmitter) dan pemancar karbon (Carbon transmitter). Pada pemancar listrik terdapat diafragma berbentuk bulat dan sebuah foil listrik yang dipasang dibelakang. Suara yang diterima akan menyebabkan diafragma bergetar dan getaran tersebut akan memicu arus listrik di foil listrik. Pada pemancar karbon, diafragma terbuat dari alumunium di mana suara akan menyebabkan getaran pada diafragma. Pada bagian belakang diafragma, logam kecil yang berbentuk kubah akan meningkatkan tekanan pada ruang karbon. Hal ini menyebabkan kuat arus yang mengalir melalui kabel telepon tergantung pada kuat tekanan pada ruang karbon.

Ringer
Pada awalnya ringer berbentuk sebuah lonceng kecil. Sebuah chip komputer menggantikan peranan lonceng kecil untuk membuat sinyal bunyi dengan nada polyphonic. Ringer berfungsi untuk memberikan sinyal apabila ada telepon masuk.

Receiver
Bagian ini digunakan untuk mengubah arus listrik menjadi suara. Receiver ditempatkan pada bagian telinga di gagang telepon. Sinyal listrik yang diterima akan diterjemahkan menjadi sinyal suara.

Nah sekian dulu materi kita nanti akan dilanjutkan dengan Macam Telepon, Hanphone hingga Smartphone.

Sampai Jumpa ...
TotalPing | Google Ping | Ping Blog Search | Add Url | Google Master | Bing Master | Site Value | Seo Jerman | TotalPing